فعالية استخدام وسيلة التعليم " دفتر اليومية " بتقنية النموذجة لترقية مهارة الكتابة لدى طالبات الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية منبع الصالحين سوجي مانيار غرسيك.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Roisatul (2020) فعالية استخدام وسيلة التعليم " دفتر اليومية " بتقنية النموذجة لترقية مهارة الكتابة لدى طالبات الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية منبع الصالحين سوجي مانيار غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roisatul Islamiyah_D92216083.pdf

Download (13MB)

Abstract

Dalam Mempelajari Bahasa Arab diperlukan media pembelajaran yang mampu menjadikan kegiatan belajar semakin baik dan meningkatkan hasil belajar. Namun dalam kenyataannya penggunaan media belajar masih sangat kurang khususnya dalam mempelajari keterampilan menulis di MTs.Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Banyak Siswi yang merasa belum mampu menyusun dan menggunakan kalimat dengan struktur yang baik dan benar. Banyak siswi yang juga belum bisa menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan yang baik dan benar, keadaan ini akan menghambat keberhasilan pembelajaran menulis di kelas. Rendahnya keterampilan menulis siswi disebabkan oleh faktor media pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis, Peneliti memberikan solusi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran buku harian dengan teknik modeling. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Buku Harian dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan “T-Tes” dan sampelnya adalah keseluruhan siswi kelas VIII.K dengan jumlah 24 siswi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, Tes, Dokumentasi, dan Angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media buku harian dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswi kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari Analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-test (15,3) sedangkan T-tabel (2,49987). Maka H0 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Roisatulislamheeyahalqudsi@gmail.comD92216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pembelajaran; Teknik modelling; Ketrampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Roisatul Islamiyah
Date Deposited: 22 Aug 2020 02:17
Last Modified: 22 Aug 2020 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43092

Actions (login required)

View Item View Item