Internalisasi nilai-nilai aqidah akhlak kepada peserta didik melalui pencak silat Nahdlatul Ulama pagar nusa di SMP Bina Bangsa Siwalankerto Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naja, M. Sabilun (2020) Internalisasi nilai-nilai aqidah akhlak kepada peserta didik melalui pencak silat Nahdlatul Ulama pagar nusa di SMP Bina Bangsa Siwalankerto Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Sabilun Naja_D91216106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Baru-baru ini banyak sekali fenomena yang muncul di dalam media sosial mengenai degradasi nilai-nilai aqidah dan akhlak generasi muda, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, peserta didik lebih dipermudah menggunakan jejaring sosial, sehingga dapat mempengaruhi akhlak mereka, karna sering bermain media sosial secara bebas,seperti kurangnya akhlak kepada guru dan akhlak kepada orang tua. Dalam hal ini pendidikan menjadi hal yang pertama dan utama dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk bisa menjadi lebih baik. Bimbingan berupa kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus terus diberikan, sebagai pondasi peserta didik dalam memahami aqidah akhlak tanpa meninggalkan nilai-nilai kebudayaannya dan kebangsaan. Maka dari itu penting untuk memberikan nilai-nilai aqidah akhlak tersebut, dewasa ini dalam pendidikan terdapat banyak sekali kegiatan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan, salah satunya melalui Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa yang diharapkan dapat mebentengi dan memberikan penanaman pendidikan berbasis keagamaan berupa nilai-nilai aqidah akhlak, sehingga penulis memberikan sebuah pemikiran yaitu“Internalisasi Nilai-Nilai Aqidah Akhlak Kepada Peserta Didik Melalui Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusadi SMP Bina Bangsa Siwalankerto Surabaya”, fokus dalam penelitian ini yaitu memberikannilai-nilai aqidah akhlak dengan kegiatan pencak silat pagar nusa, untuk mengatasi degradasi akhlak peserta didik agar terhindar dari pergaulan bebas. Pendekatan penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis yakni, dengan pendekatan mendiskripsikan suatu keadaan, apa adanya tanpa manipulasi,kemudian menganalisis data lalu diambil kesimpulannyauntuk mengetahui hasilnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naja, M. Sabilunmuhammadnaja07@gmail.comD91216106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Nahdlatul Ulama
Keywords: Aqidah akhlak; Pencak silat; Nahdlatul Ulama Pagar Nusa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Sabilun Naja
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:31
Last Modified: 27 Aug 2020 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43145

Actions (login required)

View Item View Item