This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khusnah, Wakhibah Dwi (2015) LEARNING STRATEGIES AND PROFICIENCY LEVEL IN ESSAY WRITING AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Menulis adalah tantangan yang besar dalam kinerja bahasa ibu atau bahsa asing. Studi menulis menunjukan bahwa menulis adalah kegiatan yang komplek yang terdiri dari beberapa proses termasuk dalam menggunakan berbagai macam strategi. Strategi adalah hal penting untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis esai. Hal tersebut terbukti bahwa menulis esai sebagai mata kuliah wajib dalam Universitas. Dengan demikan, strategi pembelajaran adalah cara utuk mencapai tujuan pembeljaran seperti menulis yang baik dan nilai yang tinggi. Jadi, pemilihan stategi dalam pembelajaran itu penting karena hal tersebut mempengaruhi nilai dan level siswa dalam menulis esai. Penelitan ini menguji tentang learning strategies and proficiency level in essay writing diantara 38 siswa dan menentukan strategi yang dipilih oleh siswa, level kecakapan siswa, dan strategi yang memberikan level kecakapan yang tinggi. Invetaris angket strategi pembelajaran sudah dibuat dan divalidasi di penelitian sebelumnya, sebagai latar belakang angket. Data ini dianalis dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 16.0. Perangkat statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah mean dan korelasi keofisien kontigensi. Hasil pertama dalam penelitian ini adalah pilihan strategi siswa dalam menulis essai: 21 (55%) menggunakan kognitif stategi sebagai pilihan mereka, 17(45%) menggunakan metakognitif stategi sebagai pilihan mereka, dan 0 (0%) menggunakan social/afektif strategi sebagai pilihan mereka. Hasil kedua dalam penelitian ini adalah level kecakapan siswa dalam menulis esai: 3(8%) siswa yang mendapatkan level unggul, 33(87%) siswa yang mendapatkan level baik, 2(5%) siswa yang mendapatkan level rata-rata, dan 0 (0%) siswa yang mendaptakan level rendah. Hasil ketiga dalam penelitian ini adalah strategi yang memberikan level kecakapan yang tinggi yakni kognitif strategi dengan rata-rata 76.67 dan derivasi standart 84.99. Hasil terakhir dalam penelitian ini adalah korelasi antara between learning strategies and proficiency level in essay writing. Analisa yang digunakan adalah korelasi kotigensi koefisien dan memproduksi positif korelasi yang tinggi denga approx. o,920 dan significan 0,008, yang berate bahwa ada korelasi yang positif antara learning strategies and proficiency level in essay writing dan hal tersebut sudah significan pada taraf 5% dan 1%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Hanafi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris | ||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Level Kecakapan; Menulis Esai | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2016 03:20 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2016 03:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4315 |
Actions (login required)
View Item |