Implementasi ASEAN Convention on Coounter Terrorism (ACCT) oleh Filipina dalam menangani Kelompok Abu Sayyaf tahun 2015-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidati, Zulailatul (2020) Implementasi ASEAN Convention on Coounter Terrorism (ACCT) oleh Filipina dalam menangani Kelompok Abu Sayyaf tahun 2015-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulailatul Maulidati_I72215025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai negara dengan jumlah kasus terorisme tertinggi di Asia Tenggara, Filipina mengimplementasikan ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) dalam upaya menangani terorisme. Kelompok teroris terkuat di Filipina adalah Abu Sayyaf. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi ACCT oleh Filipina dalam menangani kelompok Abu Sayyaf pada tahun 2015 – 2016. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan konsep rezim internasional dan kedaulatan sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Filipina menggunakan empat upaya dalam menangani kelompok Abu Sayyaf yaitu legislasi, penegakan hukum dan keamanan perbatasan, melawan pendanaan terorisme, melawan ekstrimisme kekerasan serta kerjasama regional dan Internasional. Hambatan dalam implementasi tersebut yaitu lemahnya Human Security Act sebagai pedoman hukum Filipina, ACCT belum mampu menjadi rezim penanganan terorisme, serta kelompok Abu Sayyaf sulit dihentikan karena kuatnya dukungan finansial dan logistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidati, Zulailatulzulailamaulida@gmail.comI72215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzaky.politikislam@gmail.com2030128201
Subjects: Teroris
Keywords: Implementasi; ACCT; Filipina; Abu Sayyaf; terorisme.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Zulailatul Maulidati
Date Deposited: 29 Aug 2020 07:28
Last Modified: 29 Aug 2020 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43362

Actions (login required)

View Item View Item