Pengaruh pembinaan keagamaan terhadap kepribadian warga binaan: studi kasus di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ananta, Rizal Dimas (2020) Pengaruh pembinaan keagamaan terhadap kepribadian warga binaan: studi kasus di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Dimas Ananta_E02213037.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kepribadian warga binaan sosial terhadap pembinaan keagamaan di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Sidoarjo. Permasalahan studi yang dipaparkan: 1). Bagaimana Pola Pembinaan keagamaan berdampak kesenjangan perilaku dan lingkungan sosial warga binaan, 2). bagaimana pengaruh pembinaan keagamaan sebagai alternatif yang tepat sasaran bagi warga binaan sosial, dan 3). Faktor-raktor yang mempengaruhi warga binaan sosial setelah mendapatkan pembinaan keagamaan. Pendekatan yang peniliti gunakan psikologi agama. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori penelitian ini menggunakan konsep Abraham Maslow tentang mengatasi berbagai persoalan yang berdampak kepribadian, baik itu kebutuhan dasar hingga sampai kepada tahap pengendalian diri. Tujuan penelitian dapat ditemukan bahwa: 1). Pola pembinaan keagamaan sebagai salah satu acuan dalam perilaku warga binaan sosial menyelesaikan permasalahan kesenjangan yang berakibat berbagai persoalan di masa lalu yang tidak diperhatikan. 2). Pengaruh pembinaan keagamaan sebagai salah satu faktor utama kemandirian diri warga binaan sosial dalam meningkatkan spiritualitas karena mengingatkan interaksi diri dengan Tuhan nya. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi dengan pendampingan khusus dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan keluarga, kerabat, psikolog, maupun ulama agar menemukan maksud dan pola pemahaman persoalan kepribadian terhadap tingkat rasa percaya diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ananta, Rizal Dimasrizalananta43@gmail.comE0221037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Perilaku
Psikologi > Psikologi Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pembinaan keagamaan; Kepribadian; Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rizal Dimas Ananta
Date Deposited: 11 Sep 2020 12:05
Last Modified: 11 Sep 2020 12:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43878

Actions (login required)

View Item View Item