TELEVISI DALAM PENCITRAAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA PADA KAMPANYE PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhrom, Robangi (2015) TELEVISI DALAM PENCITRAAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA PADA KAMPANYE PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai implikasi pencitraan yang dilakukan oleh Metro TV pada daya pilih masyarakat, selain itu juga mengenai citra atau image apakah yang telah ditimbulkan oleh Metro TV sehingga masyarakat percaya dan akhirnya memilih Joko widodo dan Jusuf Kalla untuk melaju ke kursi presiden. Padahal jika diingat Joko Widodo merupakan sosok yang baru saja terjun dalam dunia politik bahkan dalam tayangan televisi lain Joko Widodo telah diisukan dengan berita miring. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini ialah pertama, Apa persepsi pemilih mengenai citra atau image Jokowi-JK yang diciptakan oleh Metro TV. Kedua, Bagaimana implikasi pencitraan Capres Jokowi-JK di Metro TV bagi daya pilih masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra apa yang ditimbul dibenak pemilih setelah melihat tayangan Metro TV mengenai Joko Widodo dan Jusuf Kalla dan implikasi pencitraan capres Joko Widodo dan Jusuf Kalla bagi daya pilih masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan tekni pengumpulan data wawancara mendalam dari 13 orang informan. Hasil penelitian menemukan bahwa Citra atau Image Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang diterima oleh pemilih pasangan tersebut setelah menonton Metro TV ialah mereka memiliki sifat yang pro-rakyat, sederhana, bisa mengayomi masyarakat menengah kebawah dan memiliki track record politik yang baik. Dan tayangan Metro TV dinilai memiliki implikasi terhadap daya pilih masyarakat, karena Metro TV dinilai sebagai salah satu stasiun TV berita yang memiliki kredibilitas tinggi. Dan Metro TV menayangkan hal-hal yang baik mengenai pasangan capres dan cawapres nomer urut 2. Hal ini mengakibatkan empati masyarakat dan meyakinkan mereka untuk memilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Aswadi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhrom, RobangiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Politik
Kepemimpinan
Keywords: Media Metro Televisi; Pencitraan; Kampanye Pemilihan Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2016 07:25
Last Modified: 02 Feb 2016 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item