Pengaruh penggunaan alat pembayaran non tunai terhadap jumlah uang beredar di Indonesia menggunakan error correction model (ECM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Robiatul (2020) Pengaruh penggunaan alat pembayaran non tunai terhadap jumlah uang beredar di Indonesia menggunakan error correction model (ECM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_H72216042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan alat pembayaran non tunai setiap tahunnya mengalami peningkatan sehingga berkurangnya permintaan uang terhadap uang yang diterbitkan oleh bak sentral (Bank Indonesia) dan jumlah uang beredar. Hal ini akan mempengaruhi pelaksanaan tugas bank sentral dalam melaksanakan kebijakan moneter, khususnya pengendalian besaran moneter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh alat pembayaran non tunai terhadap jumlah uang beredar di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini dari bulan januari 2016 hingga dengan September 2019. variabel data yang digunakan adalah nilai dan volume transaksi kartu ATM, kartu kredit, uang elektonik (e-money), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement (BI -RTGS) serta variabel jumlah uang beredar dalam arti sempit (M1) maupun arti luas (M2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM). Metode ini digunakan untuk melihat hubungan jumlah uang beredar dan penggunaan pembayaran non tunai dalam jangka panjang dan jangka pendek. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat pembayaran non tunai berpengaruh terhadap jumlah uang beredar dalam arti sempit (M1) 62,0040%. Sedangkan pembayaran non tunai mempengaruhi terhadap jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) 52,7473%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Robiatulrobiatula32@gmailH72216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Bank dan Perbankan
Matematika
Bisnis
Keywords: Uang; Pembayaran Non Tunai; Jumlah Uang Beredar; Error Correction Model (ECM).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:37
Last Modified: 17 Sep 2020 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44044

Actions (login required)

View Item View Item