Kajian nilai-nilai konseling Islam melalui gerakan 18-21 dalam membentuk karakter pada remaja di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Refachlis, Moh. Ilham (2020) Kajian nilai-nilai konseling Islam melalui gerakan 18-21 dalam membentuk karakter pada remaja di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Ilham Refachlis_B93216121.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji adanya nilai-nilai konseling Islam melalui gerakan 18-21 pada remaja, karena banyaknya perilaku penyimpangan yang ada didalam masyarakat khususnya remaja, dengan demikian peneliti mengkaji upaya dalam penyelesaian masalah yang ada, melalui gerakan 18-21, peneliti melihat gerakan tersebut merupakan pembentukan perilaku baru, sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pembentukan karakter remaja ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomonologi dan mengkaji dengan penafsiran hermeneotika, kemudian menggunakan jenis deskriptif untuk melaporkan hasil sesuai dengan yang ditemui dilapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan 18-21 merupakan modifikasi perilaku remaja, mengganti perilaku kebiasaan dengan perilaku baru dengan proses konseling meliputi teknik modelling dan teknik positive reinforcement. Kedua, perilaku baru yang sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu 3B: Belajar, berbicara, dan bermain. Adapun nilai-nilai Islam yang terdapat dalam gerakan 18-21 adalah memberikan arahan dan petunjuk remeja yang tersesat, hidup selaras dengan Al-Qur’an dan Hadits, menghasilkan suatu perubahan, perbaikan, dan kesopanan tingkah laku yang dapat memberikan manfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Refachlis, Moh. Ilhamilhamrefachlisi@gmail.comB93216121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl-Hana, Rudyrudyalhana@yahoo.co.id2009036802
Subjects: Bimbingan Konseling
Kenakalan Anak dan Remaja
Psikologi Belajar
Keywords: Konseling Islam; Perilaku; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Moh. Ilham Refachlis
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:37
Last Modified: 23 Sep 2020 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44180

Actions (login required)

View Item View Item