Analisis yuridis terhadap persoalan perlindungan anak dalam fenomena Youtuber Anak di Media Sosial Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riskhaturahma, Elfa (2020) Analisis yuridis terhadap persoalan perlindungan anak dalam fenomena Youtuber Anak di Media Sosial Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elfa Riskhaturahma_C91216078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang dihimpun melalui teknik wawancara dan observasi. Data yang telah diperoleh dan dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripstif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, realita dalam kehidupan youtuber anak bahwasanya tidak ada tindakan pelanggaran hak yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Youtuber anak hanya mengalami dampak dari popularitasnya yang tidak dapat dihindari seperti mendapat komentar negatif atau cyberbullying. Namun, komentar tersebut hanya diketahui oleh orang tua dan disembunyikan dari channel youtubenya. Kedua, upaya orang tua untuk melindungi dan memenuhi hak youtuber anak telah sesuai dengan beberapa ketentuan pasal didalam peraturan hukum Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perkawinan, dan Kompilasi Hukum Islam. Adapun konten video youtuber anak juga telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 27 ayat 3 dan pasal 28 ayat 2. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis berharap kepada pihak orang tua youtuber anak untuk mempertahankan upaya perlindungan hak-hak youtuber anak yang telah dilakukannya tersebut agar anak-anak tetap terlindungi baik di media sosial maupun di lingkungan sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riskhaturahma, Elfaelfariskha@gmail.comC91216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily@uinsby.ac.id2026028101
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Media Massa
Orang tua dan Anak
Keywords: Youtuber anak; Perlindungan anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Elfa Riskhaturahma
Date Deposited: 25 Sep 2020 11:45
Last Modified: 25 Sep 2020 11:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44191

Actions (login required)

View Item View Item