Dakwah Islam Nabi Muhammad: analisis komparatif historiografi karya Ibnu Hisyam dan Donner

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Atika (2020) Dakwah Islam Nabi Muhammad: analisis komparatif historiografi karya Ibnu Hisyam dan Donner. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Salsabila_A92216115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti menggunakan metode historis di antaranya yaitu heuristik (penelusuran sumber), verifikasi data (kritik sumber), interpretasi (pengkajian ulang) dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi-historis karena berusaha menggali nilai sosial dan makna sejarah yang terkandung dalam teks. Teori yang digunakan adalah teori hermeunitik Gadamer. Teori ini membantu menganalisa dan mentafsirkan teks secara umum. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: 1. Historiografi dakwah Islam Nabi Muhammad oleh Ibnu Hisyam dan Donner memiliki ciri khas yang dipengaruhi zaman dan etika keilmiahan yang berkembang. Sirah Nabawiyyah Ibnu Hisyam ditulis secara terperinci. Sedangkan Muhammad and The Believers: The Origins of Islam karya Fred M. Donner lebih singkat dan sederhana. 2. Metode historiografi yang digunakan oleh Ibnu Hisyam adalah metode riwayat dengan cara mempelajari sanad dan matan dan berpegang kepada yang kredibel. Sedangkan metode yang digunakan oleh Donner adalah metode deskriptif dan analitik dengan cara mengurutkan peristiwa yang terjadi secara kronologis. 3. Dalam penulisannya, Ibnu Hisyam menyebutkan beberapa riwayat maupun sya’ir yang derajatnya lemah. Sedangkan penulisan Donner, meskipun ia berusaha obyektif, namun di beberapa bagian, ia masih terpengaruh oleh bias historisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Atikaatikasalsabila29@gmail.comA92216115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Historiografi;' Metode; Sumber.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: ATIKA SALSABILA
Date Deposited: 29 Sep 2020 01:52
Last Modified: 29 Sep 2020 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44248

Actions (login required)

View Item View Item