Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap fungsi dan kewenangan kantor Staf Presiden dan Sekretariat Presiden dalam membantu tugas Presiden

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Burhanuddin, Muhammad Anis (2020) Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap fungsi dan kewenangan kantor Staf Presiden dan Sekretariat Presiden dalam membantu tugas Presiden. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Anis Burhanuddin_C95216125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitain jenis penelitian normative dengan 2 bahan sumber hukum, primer dan sekunder dengan teknik studi kepustakaan (Library Rearch) dan pengelolahan data kualitatif . kemudian menganalisis dengan menggunakan teknik analisis normatif dalam bentuk deksripsi terhadap fungsi kantor staf presiden dan sekretariat kabinet dalammembantu presiden dan dihubungkan dengan konsep Fiqh Siyasah Dusturiyah bidang Siyasah Tanfidiyah mengenai persoalan Wazir. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada kesan mirip terhadap fungsi dan wewenang 2 lembaga, kantor staf presiden dan sekretariat kabinet dalam membantu tugas presiden, hal itu tetap sah dan tidak bertentangan dengan hukum karena hal tersebut adalah hasil dan buah produk hukum yakniPeraturan Presiden yang disahkan langsung oleh Presiden untuk menunjang kinerjanya. Menurut pandangan Fiqh Siyasah Dusturiyyah yang di dalamnya terdapat bidang Siyasah Tanfidiyah yang mengatur persoalan Wazir yakni pengaturan tentang bagaimana Wazir bekerja dan apa fungsi dan tujuan dibentuknyalembaga tersebut dibuat dalam membantu khalifah. Sejalan dengan hasil penelitian maka dapat di telaah bahwa suatu lembaga dalam membantu tugas presiden dilihat dari fungsi dan wewenangnya perspektif hukum tata negara dan Fiqh Siyasah Dusturiyyah yang membahas Wazir bidang politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Burhanuddin, Muhammad Anisanisburhanuddin53@gmail.comC95216125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Presiden; Kantor staf Presidan; Sekretaris presiden.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhammad Anis Burhanuddin
Date Deposited: 14 Oct 2020 07:49
Last Modified: 14 Oct 2020 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44560

Actions (login required)

View Item View Item