Pengorganisasian masyarakat dalam pemanfaatan limbah kotoran ternak melalui penerapan konsep produksi bersih di Dusun Krajan Desa Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harvina, Harvina (2020) Pengorganisasian masyarakat dalam pemanfaatan limbah kotoran ternak melalui penerapan konsep produksi bersih di Dusun Krajan Desa Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harvina_B92216075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa Siwalan adalah desa yang terletak di kaki Gunung Wilis. Karena tanahnya yang subur, masyarakat bekerja di sektor pertanian dan peternakan. Dari sisi peternakan, masyarakat memelihara sapi dan kambing. Hal ini di dukung karena melimpahnya limbah hasil pertanian, yang dapat di gunakan sebagai pakan ternak. Namun banyaknya kotoran hasil peternakan tidak semua mampu di kondisikan, sehingga memunculkan dampak bagi lingkungan, yaitu berupa pencemaran air di sungai hingga dan pencemaran udara akibat tumpukan kotoran ternak. Hal yang harus dilakukan ialah dengan penyadaran masyarakat tentang limpahan aset yang dimiliki danbelum termanfaatkan secara optimal. Aset tersebut berupa aset kotoran ternak, aset hewan ternak dan aset kelompok tani. Metode penelitian dalam penggalian data menggunakan metode ABCD (Aset Base Community Developmant). Pendampingan berbasis ABCD ini dilakukan dengan menggunakan tahap 5-D yaitu discovery, define, dream, design dan destiny. Pendampingan selama 4 bulan bersama masyararakat Dusun Krajan Desa Siwalan menghasilkan: (1) Masyarakat memiliki pola pemikiran bahwa masyarakat memiliki banyak aset yang dapat di kembangkan(2) Adanya tekat dan kemauan yang kuat menuju perubahan yang lebih baik (3) kembali aktifnya kelompok tani dengan adanya kegiatan pembuatan pupuk organik (4) Limbah terolah menjadi pupuk (5) Penekanan biaya pupuk kimia yang terminimalisir oleh pupuk organik (6) skill yang di miliki masyarakat dapat berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harvina, Harvinaka650685@gmail.comB92216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abdul Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Kebersihan
Keywords: Pengorganisasian; Pupuk organik; Produksi bersih.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Harvina Harvina
Date Deposited: 10 Nov 2020 10:54
Last Modified: 10 Nov 2020 10:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44971

Actions (login required)

View Item View Item