This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilmi, Muhammad Harishul (2015) TANMIYAH MAHARAH AL KITABAH BI ISTIKHDAM AL KITAB SYARH ALFIYAH IBNU MALIK LI SYAIKH ABU FARIS AL DADHDAH : BAHTS TAJRIBI L AL FASHL AL SADIS FI AL MADINAH BI MA’HAD AL HIKMAH PURWO ASRI KEDIRI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (440kB) | Preview |
Abstract
Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang. Dalam penelitian ini peneliti mengamati bahwa masih banyak para siswa yang masih lemah dalam menulis teks-teks arab (mengarang terbimbing/Insya’) padahal kecakapan tersebut mendasari kecakapan menulis mereka yang lebih komplek. Menulis terbimbing yang benar dengan melihat pada sisi qowaidhnya baik nahwu maupun shorf adalah menulis dengan memperhatikan ketepatan harokat pada akhir kata dan perubahan jumlah sesuai dengan nahwu dan shorofnya, memperhatikan sturktur kalimat yang ada, dan terhindar dari kesalahan dengan menggunakan kitab syarah al-fiyah ibnu malik karya Abu Faris Addahdah. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap satu kelompok (The One Group Method). Penelitian ini diterapkan pada sample dari siswa kelas VI Madrasah Diniyyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri Jawa Timur dengan jumlah 21 siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: bahwa efektifitas pengajaran Alfiah dengan menggunakan Menggunakan Syarah Kitab Alfiyah Ibn Malik Li Abu Faris Addahdah dan latihan dalam mengidentifikasi kata-kata serta menyusun perubahan-perubahan dalam kalimat/jumlah untuk meningkatkan keterampilan menulis terbimbing adalah mencapai t-hitung (4,63) yang lebih besar dari t-tabel pada tingkat 5% (2,09) dan pada tingkat 1% (2,84). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Peningkatan Kemahiran Menulis dengan Menggunakan Kitab syarah Alfiyah Ibn Malik Li Abu Faris Addahdah adalah efektif dan sesuai
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Agus Adithoni | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Syarah; Kitab Alfiyah; Ibn Malik Li Abu Faris; Menulis | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2016 04:27 | ||||||
Last Modified: | 05 Feb 2016 04:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4507 |
Actions (login required)
View Item |