Pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan Khusus perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2002: studi kasus di Sekolah Inklusif Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Anita (2020) Pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan Khusus perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2002: studi kasus di Sekolah Inklusif Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Putri_C91216144.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tentang, 1) Bagaimana Sekolah Inklusif Galuh Handayani dalam memenuhi hak pendidikan anak berkebutuhan khusus, 2) Bagaimana analisis yuridis terhadap Sekolah Inklusif Galuh Handayani dalam memenuhi hak pendidikan terhadap anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yamg menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul lalu dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola fikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam memenuhi hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya sudah cukup maksimal dan sesuai dengan aturan yang berlaku sebagaimana yang diatur di dalam Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Bahwasanya Sekolah Inklusif Galuh Handayani telah menyediakan satu wadah sebagai tempat belajar bersama antara anak reguler dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus. Sebagai sekolah inklusi, sekolah Galuh Handayani Surabaya juga telah menyediakan pendidikan luar biasa bagi anak penyandang disabilitas, dan juga pendidikan khusus bagi anak yang memiliki keunggulan. Selain berfokus pada hak pendidikan anak, Sekolah Inklusif Galuh Handayani juga memperhatikan keadaan, kondisi, dan kesehatan para siswanya. Salah satu upaya yang telah dilakukan ialah menyediakan fasilitas terapi yang diperuntukkan kepada siswa, orang tua / wali murid, dan juga untuk umum. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan dalam mewujudkan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus disarankan; Pertama, hendaknya Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya utntuk tetap mempertahankan dan bahkan menambah kegiatan-kegiatan posistif yang dapat meningkatkan potensi anak berkebutuhan khsusus agar terus dapat membantu negara dalam tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kedua, hendaknya para orang tua dan para tenaga didik untuk terus meninmgkatkan kesabarannya dalam mendidik dan mengajarkan nilai-nilai kehidupan bagi seluruh peserta didik. Ketiga, hendaknya bagi seluruh pihak untuk terus mendukung seluruh program sekolah dalam rangka pemenuhan hak pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Anitaanitaputrii25m@gmail.comC91216144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, Dakwatuldakwah_chairah@yahoo.com2023045701
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata Islam
Keywords: Pemenuhan Hak Anak;Undang-Undang Perlindungan Anak No. 35 Tahun 2014;Sekolah Inklusif Galuh Handayani; Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ANITA PUTRI
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:19
Last Modified: 24 Nov 2020 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45198

Actions (login required)

View Item View Item