استخدام نموذج التعلم التعاوني“Cooperative Learning” بتقنيات "العصف الذهني (Brainstorming)" لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية المشهودية غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2020) استخدام نموذج التعلم التعاوني“Cooperative Learning” بتقنيات "العصف الذهني (Brainstorming)" لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية المشهودية غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa_D92216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik memiliki permasalahan khususnya dalam keterampilan berbicara karena sebagian besar siswanya melanggar peraturan berbahasa dan mereka tidak mampu berbicara dengan bahasa arab tetapi mereka memahami apa yang mereka dengar dan mereka kekurangan dalam kosa kata. Dan permasalahan dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik adalah siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas 10 di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik. 2) Untuk mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas 10 di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik. 3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas 10 di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik. Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi, dan analisis data. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas 10 yang terdiri dari 20 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektifitas efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas 10 dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-hitung (12,94), sedangkan T-tabel (1,729). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirunninisnisa303@gmail.comD92216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Guru
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Teknik Brainstorming; Keterampilan Berbicara.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: nisa khoirun
Date Deposited: 12 Feb 2021 07:52
Last Modified: 12 Feb 2021 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46124

Actions (login required)

View Item View Item