تغييرات الأوزان العروضية في قصيدة جالية الكدر للإمام جعفر البرزنجي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcahyani, Siska (2021) تغييرات الأوزان العروضية في قصيدة جالية الكدر للإمام جعفر البرزنجي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Nurcahyani_A91217080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora mempelajari tentang kebahasaan dan kesusastraan Arab. Penelitian ini mnegkaji tentang Kesusastraan Arab khususnya Syi’ir. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Wazan apa yang digunakan dalam Qashidah “Jaliyah al-kadar” karya Imam Ja’far al-Barzanji? 2) Bagaimana perubahan wazan ‘arudl dalam Qashidah “Jaliyah al-kadar” karya Imam Ja’far al-Barzanji? Tujuann pembahasan ini adalah untuk mengetahui macam-macam wazan ‘arudl dan perubahannya yang terdapat dalam Qashidah “Jaliyah al-kadar” karya Imam Ja’far al-Barzanji. Teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Objektif, yakni dengan meneliti Qashidah “Jaliyah al-kadar” dari segi irama ‘arudl (yaitu hasil pengulangan dari beberapa taf’ilah), perubahan yang beurpa zihaf (kecepatan irama) dan ‘illat (kecacatan irama). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif yaitu bahwa data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tidak berupa angka yaitu berupa wazan-wazan ‘arudl dan perubahannya. Adapun hasil penelitian dalam perubahan Wazan ‘Arudl dalam Qashidah “Jaliyah al-kadar” karya Imam Ja’far al-Barzanji, menunjukkan bahwa : a) Qashidah “Jaliyah al-kadar”. Karya Imam Ja’far al-Barzanji menggunakan Bahar Kamil dengan wazan sebagai berikut : مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ *** مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ مُتَفَاعِلُنْ b) Perubahan wazan ‘arudl pada Qashidah “Jaliyah al-kadar” terdapat zihaf mufrod yang berupa Idhmar (mematikan huruf kedua (huruf ta’) yang berharakat pada taf’ilah “mutafa’ilun” menjadi “mutfa’ilun” dan mengikuti wazan “mustaf’ilun”).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcahyani, Siskasiskanurcahyani1803@gmail.comA91217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Perubahan Wazan ‘Arudl; dan Qashidah Jaliyah al-Kadar.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siska Nurcahyani
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:33
Last Modified: 08 Feb 2021 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46291

Actions (login required)

View Item View Item