Analisis faktor – faktor penerimaan aplikasi layanan transportasi online menggunakan Metode Sem - Neural Network

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Audi (2021) Analisis faktor – faktor penerimaan aplikasi layanan transportasi online menggunakan Metode Sem - Neural Network. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Audi Ramadhan_H76217066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seringkali, evaluasi aplikasi hanya difokuskan pada faktor teknis. Padahal faktor lain seperti nilai tambah dari inovasi dan pemasaran menjadi salah satu pertimbangan pengguna selain faktor teknis. Sehingga perlu adanya integrasi dari aspek – aspek tersebut dalam mengevaluasi penerimaan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model penerimaan teknologi berdasarkan perspektif inovasi dan pemasaran pada aplikasi layanan transportasi online. Data pada peneitian ini berjenis data primer dan dikumpulkan dari 303 pengguna aplikasi layanan transportasi online dengan kuisioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode SEM – neural network. Metode SEM pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis signifikansi pengaruh variabel independen terhadap dependen sedangkan neural network digunakan untuk mengidentifikasi variabel dependen yang paling penting dalam menjelaskan variabel dependen. Pertama, hasil analisis SEM menunjukkan bahwa keunggulan relatif, harga, promosi dan distribusi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Selanjutnya pada variabel minat penggunaan, variabel yang berpengaruh hanya kepuasan pengguna dan distribusi. Kedua, hasil analisis neural network pada model kepuasan pengguna menunjukkan bahwa promosi menjadi variabel paling penting dalam menjelaskan kepuasan pengguna dengan diikuti oleh keunggulan relatif, harga dan distribusi. Pada model neural network minat penggunaan, kepuasan pengguna menjadi variabel terpenting dengan disusul oleh distribusi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Audiaudiramadhan29@gmail.comH76217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Manajemen
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Difusi Inovasi; Bauran Pemasaran; Penerimaan Teknologi; PLS-SEM; Neural Network
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Audi Ramadhan
Date Deposited: 09 Feb 2021 13:10
Last Modified: 09 Feb 2021 13:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46328

Available Versions of this Item

  • Analisis faktor – faktor penerimaan aplikasi layanan transportasi online menggunakan Metode Sem - Neural Network. (deposited 09 Feb 2021 13:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item