تغييرات الأوزان العروضية في الشعر “هَكَذَا هَكَذَا نُبُوْغُ الرِّجَالِ" لخليل مطران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Riski (2021) تغييرات الأوزان العروضية في الشعر “هَكَذَا هَكَذَا نُبُوْغُ الرِّجَالِ" لخليل مطران. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riski Handayani_A91217077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Puisi menjadi sastra yang memiliki nilai mahal nan indah. Puisi pada bangsa Arab diistilahkan syiir. Karena syiir merupakan sastra tertua pada bangsa Arab dari zaman pra-islam dan masih tetap berkembang hingga sekarang (modern) yang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Setiap masa pasti memunculkan tokoh penyair terkenal pada jamannya, salah satunya Khalil Muthran. Khalil Muthran adalah salah satu penyair terkenal pada zaman modern.Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode pendekatan ilmu Arudh dengan fokus permasalahan 1. Wazan apa yang digunakan dalam syi’ir “Hakadza Hakadza Nubughu ar-Rijali” karya Khalil Muthran 2. Apa jenis perubahan wazan ‘arudl dalam syi’ir “Hakadza Hakadza Nubughu ar-Rijali” karya Khalil Muthran. Tujuan dalam pembahasan ini adalah untuk mengetahui wazan ‘arudl dan berbagai jenis perubahannya yang digunakan dalam syi’ir “Hakadza Hakadza Nubughu ar-Rijali” karya Khalil Muthran. Adapun hasil penelitan dalam syiir “Hakadza Hakadza Nubughu ar-Rijali” karya Khalil Muthran yaitu: 1. Pada syiir “Hakadza Hakadza Nubughu ar-Rijali” karya Khalil Muthran menggunakan bahar khafif dengan taf’ilah faa’ilaatun mustaf’ilun faa’ilaatun # faa’ilaatun mustaf’ilun faa’ilaatun. 2. Pada syiir “Hakadza Hakadza Nubughu ar-Rijali” karya Khalil Muthran terdapat perubahan wazan ‘arudl yaitu zihaf mufrod berupa khabn (yaitu membuang huruf kedua yang mati) pada wazan faa’ilaatun menjadi fa’ilaatun dan mustaf’ilun menjadi mutaf’ilun yang terjadi pada bait awal hingga bait akhir dan illat tasy’its (pambuangan huruf awal pada watad majmu’ atau keduanya) pada wazan faa’ilaatun menjadi faalaatun maka diganti dengan maf’uuluun terjadi pada bait 1, 5, 6, 7, 8, 11, 12, 17, 21, 22, 23.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Riskiriskihand04@gmail.comA91217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlwi, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Perubahan wazan arudh; syi’ir Hakadza hakadza nubughu ar-Rijali.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: riski handayani
Date Deposited: 13 Feb 2021 09:12
Last Modified: 13 Feb 2021 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46414

Actions (login required)

View Item View Item