Pluralisme dalam Perspektif Kaum Moderat dan Puritan: studi fenomenologi di Muhammadiyah Sepanjang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humanika, Dian Nusantara (2021) Pluralisme dalam Perspektif Kaum Moderat dan Puritan: studi fenomenologi di Muhammadiyah Sepanjang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Humanika Dian Nusantara_E92216030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perbedaan definisi, dan juga implikasi pandangan Pluralisme Moderat dan Puritan serta memiliki judul Pluralisme dalam perspektif kaum moderat dan Puritan; Studi Fenomenologi di Muhammadiyah Sepanjang. Adapun peneliti mengangkat judul/tema ini karena pada sisi geografis Muhammadiyah Sepanjang ini terdiri dari berbagai macam kelompok keagamaann, Etnis, Suku, bahkan Agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui definisi Pluralisme Agama menurut pandang kaum Moderat dan Puritan, Implikasi Pluralisme Agama di Muhammadiyah Sepanjang. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah Metodologi Penelitian Kualitatif melalui Observasi di Muhammadiyah Sepanjang, tepatnya jl Bebekan Kec Taman. Wawancara dengan Kaum Moderat yang di afiliasi oleh Bapak Abdul Karim selaku Ketua PCM Sepanjang, Bapak Sam’un selaku ketua Majelis Tabligh, dan Bapak Yogi selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Sepanjang, kemudian representasi dari Kaum Puritan yakni, Ustad Fajar Islami Human, Ustad Udin, dan juga Ustad Abu Muhammad. Dokumentasi atau hasil temuan-temuan ini ada di Bab 4 berupa Implikasi Pandangan Pluralisme dalam aksi Sosial.

Keyword: Pluralisme, Moderat, Puritan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humanika, Dian Nusantarahumanikadian@gmail.comE92216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com197411102003121004
Subjects: Muhammadiyah
Pluralisme
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pluralisme; Moderat; Puritan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Humanika Dian Nusantara
Date Deposited: 16 Feb 2021 10:59
Last Modified: 16 Feb 2021 10:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46416

Actions (login required)

View Item View Item