Dampak pembelajaran Daring terhadap keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas II di MI Darul Ulum Pupus Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Roikhanul (2021) Dampak pembelajaran Daring terhadap keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas II di MI Darul Ulum Pupus Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roikhanul Lutfiyah_D07216035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreatifitas belajar siswa. Keaktifan belajar merupakan unsur dasar yang penting untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi dengan adanya pandemic covid-19 saat ini proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (online). Dengan diterapkannya pembelajaran daring keaktifan belajar siswa tidak sesuai dengan yang dilakukan selayaknya di sekolah. Dengan hal tersebut yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti dan menelaah bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas II melalui pembelajaran daring di MI Darul Ulum Pupus Lamongan?, 2) Bagaimana Dampak pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas II di MI Darul Ulum Pupus Lamongan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif, jenis studi kasus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunkan analisis versi dari Miles dan Huberman. Dan dilanjutkan pengujian keabsahan data menggunakan Triangulasi data dan kemudian dianalisis menggunakan teori keaktifan belajar siswa dan pembelajaran daring.Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar siswa saat pembelajaran daring bisa dikatakan menurun dari pada saat pembelajaran luring karena dalam pembelajaran daring ini orang tua yang akan menggantikan guru mendampingi anaknya dalam belajar. Terdapat beberapa kendala yang dialami ketika pembelajaran daring, seperti: keterbatasan kuota dan jaringan internet, keterbatasan waktu orang tua dalam mendampingi anak, kurangnya pengetahuan tentang IT dan pengopersian gadget, kurangnya variasi dalam pembelajaran. 2) Adapun dampak yang mepengaruhi pada proses kegiatan pembelajaran terutama pada keaktifan belajar siswa yaitu: minat belajar siswa menurun, tingkat pemahaman belajar siswa menurun, dan motivasi belajar siswa menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Roikhanulroikhanullutfiyah14@gmail.comD07216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Dampak Pembelajaran Daring; Keaktifan Belajar Siswa; Al-Qur’an Hadist.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Roikhanul Lutfiyah
Date Deposited: 28 Feb 2021 10:35
Last Modified: 28 Feb 2021 10:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46836

Actions (login required)

View Item View Item