Studi kualitas air tambak Silvofishery di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lifitriyah, Fita Faraidhy (2020) Studi kualitas air tambak Silvofishery di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fita Faraidhy Lifitriyah_H04216009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kawasan tambak silvofishery Wonorejo terletak di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut Surabaya. Muara sungai Wonorejo merupakan titik akhir dari zat-zat buangan yang dibawa oleh aliran sungai ke laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air ditinjau dari parameter kimia ( oksigen terlarut, pH dan salinitas, serta logam berat Pb dan Cu ) dan parameter biologi ( kelimpahan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus ) serta kualitas hasil budidaya tambak Silvofishery di kelurahan Wonorejo. Analisis logam berat Pb dan Cu menggunakan AAS (Atomic Absorbtion Spectroscopi) sedangkan analisis keberadaan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus menggunakan metode Angka Lempeng Total. Hasil studi menunjukkan bahwa kondisi air tambak silvofishery di kelurahan Wonorejo ditinjau dari parameter kimia oksigen terlarut, pH dan salinitas tidak melebihi baku mutu yang ditetapkan PP No.82 Tahun 2001. Hasil uji AAS menunjukkan bahwa logam berat Pb dan Cu di air tambak melebihi ambang batas baku mutu yang ditetapkan PP No.82 Tahun 2001, sedangkan pada sedimen dasar tambak kandungan logam berat Pb dan Cu masih di bawah guideline sedimen yang ditetapkan oleh ANZECC tahun 2000. Kelimpahan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus pada air tambak tidak melebihi baku mutu perairan sebagaimana yang tertera dalam PP. No. 82 tahun 2001, sedangkan kelimpahan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus pada ikan bandeng dan udang vaname juga tidak melebihi baku mutu SNI 7388: 2009.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lifitriyah, Fita Faraidhyfaraidhy@gmail.comH04216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com2017118204
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwigaalif@gmail.com199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Ikan > Perikanan Tambak
Keywords: Kualitas air; Tambak silvofishery; Pb; Cu;Escherichia coli; staphylococcus aureus; Udang vaname; Bandeng.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Fita Lifitriyah
Date Deposited: 03 Apr 2021 13:09
Last Modified: 03 Apr 2021 13:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46969

Actions (login required)

View Item View Item