Tradisi perkawinan bagi penghayat kepercayaan Sapta Dharma di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulumiyah, Karina Hidayatul (2021) Tradisi perkawinan bagi penghayat kepercayaan Sapta Dharma di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karina Hidayatul Ulumiyah_E02215011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan yang di lakukan Sapta Dharma ini tidak terlepas dengan adanya potensi diskriminasi terhadap para penganut aliran kepercayaan juga kerap terjadi, khususnya sebelum pemerintah meneken peraturan melalui mahkamah konstitusi pada tahun 2017, tapi untuk sekarang ini perkawinan Sapta Dharma sudah sah secara negara dan di masukkan kedalam catatan sipil. Di Sapta Dharma perkawinan dilangsungkan dengan cukup unik, perkawinan Sapta Dharma sendiri di lakukan dengan tidak memihak kepada agama apapun, melainkan berpegang teguh serta menempatkan diri pada kebijakan manusia secara substansial. Konsep perkawinan menurut Sapta Dharma ini pada dasarnya mengikuti kultur budaya jawa yang sangat kental sekali karena mereka adalah pelestari adat jawa mulai dari awal sebelum perkawinan sampai pasca perkawinan ini semua tidak lepas dari adat Jawa. Perkawinan Sapta Dharma sudah dianggap perkawinan resmi atau sah menurut negara, karena sudah di berikan hak dari pemerintrah untuk di akui di catatan sipil jadi nanti setelah persyaratan perkawinan telah di penuhi maka mereka akan mendapatkan akta perkawinan dari petugas catatan sipil, jadi mereka tidak perlu lagi menumpang di agama lain untuk menikah karena sudah sangat mudah sekali proses persyaratannya untuk menikah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulumiyah, Karina HidayatulKarinahidayatul9@gmail.comE02215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Subjects: Aliran Kebatinan
Nikah
Adat
Keywords: Sapta Dharma; Penganut; dan Perkawinan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Karina Hidayatul Ulumiyah
Date Deposited: 02 Jun 2021 14:55
Last Modified: 02 Jun 2021 14:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47921

Actions (login required)

View Item View Item