A STUDY OF CODE SWITCHING USED BY AN ENGLISH TEACHER FOR A BILINGUAL CLASS AT THE STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 22 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisulichartini, Rustiva (2014) A STUDY OF CODE SWITCHING USED BY AN ENGLISH TEACHER FOR A BILINGUAL CLASS AT THE STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 22 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alih kode (code switching) yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di kelas bilingual dalam pengajaran bahasa Inggris di SMPN 22 Surabaya. SMPN 22 Surabaya yang memiliki reputasi yang baik dan mempunyai kelas bilingual. Ada tiga masalah dalam penelitian ini, yaitu jenis alih kode yang digunakan oleh subyek penelitian dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas bilingual di SMPN 22 Surabaya, fungsi alih kode yang digunakan oleh subjek penelitian di pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas bilingual di SMPN 22 Surabaya, dan alasan penggunaan alih kode oleh peneliti.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan pada bahasa alami dalam ucapan-ucapan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan sosiolinguistik untuk menganalisis alih kode terjadi ketika proses belajar mengajar terjadi. Oleh karena itu, menarik untuk mengamati fenomena ini dalam rangka untuk mengetahui jenis, fungsi, dan alasan alih kode. Di dalam kalimat yang pengumpulan data dan mengamati guru bahasa Inggris ketika mereka mengajar siswa di dalam kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga jenis alih kode yang ditemukan dalam proses belajar mengajar untuk kelas bilingual di SMPN 22 Surabaya. Yaitu inter sentensial code switching, intra sentensial code switching dan tag switching. Ada tiga fungsi alih kode yaitu: topik switch, affective function dan repetitive function . Dan yang terakhir peneliti menemukan alasan alih kode yaitu interjection, repetition used for clarification and intention of clarifying the speech content for the interlocutor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Endratno Pilih Swasono
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisulichartini, RustivaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Pendidikan
Keywords: Guru Bahasa Inggris; Kelas Bilingual
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:42
Last Modified: 03 Feb 2015 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item