Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam meningkatkan program unggulan di Hamalatul Qur’an Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purba, Hartati (2021) Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam meningkatkan program unggulan di Hamalatul Qur’an Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hartati Purba_D93217056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya santri yang mendaftar ke Hamalatul Qur’an dari tahun ke tahun dan suksesnya program-program yang dilaksanakan di pondok, di antaranya yaitu program kehumasan yang bertujuan untuk meningkatkan program unggulan pondok. Usia pondok pesantren ini masih muda namun sudah memiliki banyak santri di dalamnya dari luar kota, Jombang sendiri, luar pulau bahkan luar negeri. Banyaknya santri yang mendaftar ke Hamalatul Qur’an sampai ke taraf internasional ini tentunya tidak lepas dari strategi humas dalam mengelola lembaga agar program unggulan pondok dapat meningkat. Adapun permasalahan yang peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi humas di Hamalatul Qur’an Jombang? 2) Bagaimana program unggulan di Hamalatul Qur’an Jombang? 3) Bagaimana strategi humas dalam meningkatkan program unggulan di Hamalatul Qur’an Jombang? Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil akhir penelitian ini mendeskripsikan bahwa strategi hubungan masyarakat (HUMAS) dalam meningkatkan program unggulan, program pondok dapat terwujud dengan adanya strategi humas dimana ditempuh dengan beberapa strategi yakni melibatkan orang tua atau masyarakat dan lembaga pendidikan lain sehingga pondok ini mempunyai puluhan cabang dan mitra kerja dimana program yang dijalankan sesuai dengan pondok pusat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purba, Hartatihartatipurba99@gmail.comD93217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.com2027068001
Subjects: Hubungan Masyarakat
Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Keywords: Srategi Humas; Program Unggulan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hartati Purba
Date Deposited: 15 Jul 2021 05:18
Last Modified: 15 Jul 2021 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48405

Actions (login required)

View Item View Item