Pandangan para Takmir Masjid Waru Sidoarjo dalam pelaksanaan salat berjamaah di masa wabah Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dea, Aninda Amelia Rahmah (2021) Pandangan para Takmir Masjid Waru Sidoarjo dalam pelaksanaan salat berjamaah di masa wabah Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aninda Amelia Rahmah Dea_E21216072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 masih terus mewabah di belahan dunia saat ini, tanpa terkecuali di Indonesia. Akibat dari virus ini seluruh tatanan kehidupan menjadi berubah, baik di sektor politik, sosial, maupun agama. Namun meskipun begitu, terdapat beragam pandangan terkait Covid-19 dewasa ini, ada yang meyakini betul keberadaannya, akan tetapi ada juga yang masih ragu dan bahkan tidak percaya terhadap Covid-19. Maka dari itu pada penelitian ini peneliti berupaya menganalisis respons dan pandangan para takmir masjid di Waru Sidoarjo terkait pelaksanaan salat berjamaah di tengah wabah Pandemi Covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengidentifikasi pandangan takmir masjid di wilayah Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo mengenai pelaksanaan salat berjamaah di masa pandemi Covid-19, yang kemudian menganalisis rangkaian motivasi di balik pandangan-pandangan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori motivasi milik Abraham H. Maslow dengan berpedoman pada skema macam-macam hierarki kebutuhan yang dikemukakannya. Hasil dari penelitian ini berhasil mendapat dua kesimpulan: Pertama, secara general terdapat satu kesamaan dari setiap pandangan takmir masjid yang penulis teliti, di mana kesemuanya sepakat bahwa meskipun dalam keadaan masa Pandemi Covid-19 aktivitas keagamaan di masjid khususnya pelaksanaan salat berjamaah harus tetap dilakukan, namun dengan disertai dengan penerapan protokoler kesehatan. Kedua, terdapat berbagai motivasi yang mendasari pandangan para takmir masjid tentang pelaksanaan salat berjamaah di masa Pandemi Covid-19, yakni motivasi rasa takut, motivasi ekstrinsik, dan motivasi intrinsik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dea, Aninda Amelia Rahmahameliarahmah71@gmail.comE21216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id196008131994031003
Subjects: Ijtihad
Masjid
Salat > Salat Jama'ah
Keywords: Takmir; Salat jamaah; Covid-19; Motivasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Aninda Amelia Rahmah Dea
Date Deposited: 22 Jul 2021 15:09
Last Modified: 22 Jul 2021 15:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48557

Actions (login required)

View Item View Item