Kajian aqidah Ustadz Abdul Somad melalui dakwahnya pada youtube tentang Patung Salib Kristen ditinjau dari perspektif Hermeneutika Paul Ricoeur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lema, Della Aida (2021) Kajian aqidah Ustadz Abdul Somad melalui dakwahnya pada youtube tentang Patung Salib Kristen ditinjau dari perspektif Hermeneutika Paul Ricoeur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Della Aida Lema _E91217033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab segala persoalan penting yang berkaitan dengan pemikiran aqidah Ustadz Abdul Somad terhadap video beliau yang beberapa waktu lalu sempat menjadi viral di media sosial. Penulis berusaha untuk memposisikan diri sebagai peneliti yang menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adanya video viral tersebut memberi dampak baik dan buruk di tengah masyarakat beragama. Ada pihak pro dan kontra, ada pula pihak yang menjadi pendukung serta penghambat. Diawali dari penulis melihat video tersebut, Ustadz Abdul Somad menyebutkan bahwa terdapat jin kafir dalam patung salib, dan siapapun yang tidak berkeyakinan sama dengan kita adalah kafir. Hal ini diluruskan sendiri oleh pihak terkait yakni Ustadz Abdul Somad. Ia berkesimpulan bahwa pada saat itu, dia hanya menjawab pertanyaan dari salah satu jamaahnya. Terlebih lagi hal itu ditujukan untuk menguatkan keimanan mereka. Ia juga menganggap bahwa itu bukanlah isi kajian atau bahkan materi dari dakwahnya, ia meyakinkan bahwa itu juga ia sampaikan di tempat yang tertutup pada kajian subuh, bukan di tempat yang terbuka yang dapat disaksikan oleh banyak atau ribuan masyarakat. Kemudian penulis berusaha menggabungkan dengan teori yang telah dipilih yakni teori hermeneutika Paul Ricoeur, bahwasanya seseorang harus dapat memahami teks secara untuh dan menyeluruh. Teori ini datang untuk memberikan pemahaman terhadap setiap pembaca agar mau menelaah makna dari suatu teks. Teks bisa saja keluar dari maksud aslinya, jika tiap-tiap dari kita mau dan mampu memahaminya. Pemaknaan terhadap sutau teks dapat dilakukan dengan cara beragam. Teks bisa saja mempunyai maksud laib dari apa yang tertulis, apa yang dibaca, dan apa yang dilihat. Sama halnya dengan tausiyah Ustadz Abdul Somad yang dituduhkan kepadanya yang dianggap sebagai ujaran kebencian, padahal untuk memberi jawaban dan menguatkan keyakinan jamaahnya seperti apa yang telah tertulis dalam Al-Qur'an. Hal ini dapat penulis ketahui bahwasanya adanya kajian yang ada dalam sebuah video di Youtube ketika Ustadz Abdul Somad menyebutkan bahwa dalam patung salib terdapat patung jin kafir di dalamnya, dan malaikat enggan masuk dalam rumah yang terdapat patung tersebut. Kejadian ini tentu dengan cepat memicu kesalahpahaman yang terjadi antara Ustadz Abdul Somad dengan masyarakat. Dan penulis mencoba meluruskan dengan adanya hermeneutika Paul yang berusaha membawa kesalahpahaman ini agar dipahami secara baik dan benar melalui pemahaman dan penjelasan terhadap makna suatu teks.
Kata Kunci: Ustadz Abdul Somad, dakwah, teks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lema, Della Aidadellaaida9@gmail.comE91217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Agama
Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Ustadz Abdul Somad; Dakwah, Teks.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Della Aida Lema
Date Deposited: 24 Jul 2021 05:48
Last Modified: 24 Jul 2021 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48815

Actions (login required)

View Item View Item