Efektivitas pembelajaran Daring menggunakan media video terhadap motivasi belajar anak usia 4 - 5 tahun di RA Hidayatun Najah Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Anggie (2021) Efektivitas pembelajaran Daring menggunakan media video terhadap motivasi belajar anak usia 4 - 5 tahun di RA Hidayatun Najah Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggie Maulidia_D99217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas A di RA Hidayatun Najah Tuban dengan latar belakang salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan pembelajaran daring menggunakan media video untuk tetap memberikan pelayanan pendidikan meskipun dalam kondisi pandemi covid-19. Dalam penerapan pembelajaran daring menggunakan media video guru dihadapkan permasalahan motivasi belajar siswa yang semakin menurun mengingat kondisi pandemi yang tidak kunjung usai. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran daring menggunakan media video dinyatakan efektif atau tidak untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia 4 – 5 tahun di RA Hidayatun Najah Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media video selama pembelajaran daring, mengetahui motivasi belajar anak dengan menggunakan media video selama pembelajaran daring dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan media video terhadap motivasi belajar anak usia 4 – 5 tahun di RA Hidayatun Najah Tuban. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Ex post facto adalah penelitian yang dilakukan setelah kejadian terjadi berhubungan dengan adanya sebab-akibat suatu kejadian yang berarti penelitian ini sudah terjadi pada subjek sebelum melakukan suatu penelitian, dimana proses kegiatan yang dilakukan yaitu menyajikan data pada setiap variabel, memberi skor pada setiap instrumen kegiatan kemudian melakukan perhitungan dengan metode uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil F sebesar 7,896 yang berarti nilai tersebut lebih besar dari 4 maka H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa variabel independen secara signifikan mempengaruhi variabel dependen. Jadi dapat diartikan bahwa variabel pembelajaran daring menggunakan media video mempengaruhi variabel motivasi belajar siswa. Dan dari perhitungan diperoleh hasil uji T bahwa thitung = 2,810 yang mana lebih besar dari ttabel = 1,29685. Kemudian hasil signifikan = 0,007 yang mana lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Berdasarkan semua hasil perhitungan uji asumsi klasik dapat diartikan bahwa terdapatnya hubungan antara pembelajaran daring menggunakan media video terhadap motivasi belajar anak dengan kata lain pembelajaran daring menggunakan video dapat dinyatakan efektif diterapkan di RA Hidayatun Najah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Anggieanggisella3@gmail.comD99217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com197001022005011005
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Daring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anggie Maulidia
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:18
Last Modified: 23 Jul 2021 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48830

Actions (login required)

View Item View Item