Keanekaragaman Serangga Hama (Ordo: Coeloptera, Lepidoptera, Hemiptera, Homoptera dan Orthoptera) di Lahan Pertanian Jagung Organik dengan Penanaman Refugia Tanaman Zinnia spp.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Fariska Nur (2021) Keanekaragaman Serangga Hama (Ordo: Coeloptera, Lepidoptera, Hemiptera, Homoptera dan Orthoptera) di Lahan Pertanian Jagung Organik dengan Penanaman Refugia Tanaman Zinnia spp. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fariska Nur Ashari_H71217051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Serangan serangga hama pada suatu agroekosistem akan berdampak buruk pada hasil produksi pertanian. Beberapa kegiatan dilakukan untuk mencegah serangan serangga hama, mulai dari bahan kimia, biologi, maupun mekanik.Tanaman refugia dapat menjadi solusi dalam pengendalian hama yang berdasarkan konsep Pengendali Hama Terpadu (PHT) dengan menyediakan makrohabitat dan menyediakan sumber pakan bagi musuh alami yaitu predator dan parasitoid sebagai inang alternatif. Salah satu refugia yang dapat dimanfaatkan adalah tanaman berbunga dari famili Asteraceae yaitu bunga kertas Zinnia spp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi, kelimpahan dan tingkat keanekaragaman serangga hama pada lahan pertanian jagung organic dengan penanaman refugia tanaman Zinnia spp. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental design dengan 2 plot (3 perlakuan) dan metode surve lapangan. Penanaman refugia dilakukan dengan pola tanam pinggir petak lahan (perimeter refuge) pada 20 hari sebelum menanam tanaman inti (jagung) dan pengambilan sampel dengan metode sweep net dan yellow pan trap. Penelitian dilakukan pada bulan September hingga November 2020. Penerapan dengan sistem refugia pada pertanian dapat menarik berbagai jenis serangga hama maupun non hama. Hasil pengamatan serangga hama didapatkan sebanyak 20 spesies yang terdiri dari 11 famili dan 5 ordo. Nilai indeks keanekaragaman H’ serangga hama termasuk kategori sedang adalah H’=1,87 perlakuan 1 (jagung) dan H’=2,40 perlakuan 2 (jagung + refugia), serta H’=0 pada refugia sendiri. Indeks kemerataan E=0,27 pada perlakuan 1 (jagung) dan E=0,83 perlakuan 2 (jagung+refugia) serta E=0 pada refugia. Indeks dominansi paling besar pada perlakuan 1 jagung sebesar D=0,07 dengan jenis spesies Borbo borbonica, pada perlakuan 2 jagung + refugia sebesar D=0,12 dengan jenis Rhopalosiphum maidis, sedangkan pada refugia D=1,0 dengan jenis Phyllophaga spp. Indeks kesamaan komunitas Morishita-Horn memiliki nilai sebsesar IMH = 0,42.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, Fariska Nurfariskanurashari4@gmail.comH71217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Serangga
Ekologi
Keywords: Keanekaragaman; Serangga hama; Jagung; Refugia; Zinnia spp.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fariska Nur Ashari Sarman
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:38
Last Modified: 04 Aug 2021 14:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49120

Actions (login required)

View Item View Item