السجع في مناقب الشيخ عبد القادر الجيلاني في كتاب الجين الداني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Muhammad Nur Fathoni (2021) السجع في مناقب الشيخ عبد القادر الجيلاني في كتاب الجين الداني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur Fathoni_A91217125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manaqib adalah sesuatu yang diketahui dan dikenal pada diri seseorang berupa perilaku dan perbuatan yang terpuji dari sisi Allah SWT, sifat-sifat yang manis lagi menarik, pembawaan dan etika yang baik lagi indah, kepribadian yang bersih, suci lagi luhur, kesempurnaan yang tinggi lagi agung, serta karomah-karomah yang agung disisi Allah. Dalam manaqib terdapat kalimat- kalimat yang di indah dan dapat dikaji dari beberapa aspek. Salah satunya dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan Ilmu Balaghoh. Ilmu Balaghoh terdapat 3 jenis, yaitu : Bayan, Ma’ani, dan Badi’. Ruang lingkup ilmu badi’ terbagi menjadi dua bagian, yaitu : Muhassinatul Lafdhiyah dan Muhasinat Ma’nawiyah. Pada Muhainatul Lafdhiyah terdapat Jinas, Iqtibas, Saja’, Saja’ adalah kesesuaian dua kata terakhir pada huruf akhirnya. Objek penelitian ini adalah Manaqib Syeh Abdul Qadir al- Jaelani. Manaqib Syeh Abdul Qodir al- Jaelani terdapat 7 bab, yang menceritakan dari lahir sampai wafatnya Syeh Abdul Qodir al- Jaelani. Berdasarkan keterangan tersebut, peneliti bertujuan untuk membahas : Apa saja kalimat yang mengandung Saja’ dalam Manaqib Syeh Abdul Qodir al- Jaelani dan apa saja jenis Saja’ dalam manaqib Syeh Abdul Qadir al-Jaelani. Adapun penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini dari kalimat yang terdapat pada manaqib Syeh Abdul Qodir al- Jaelani. Hasil yang didapatkan bahwa dari 7 bab, kalimat yang mengandung saja’ terdapat 52 saja’ muthorrof dan 29 saja’ mutawazi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Muhammad Nur Fathonifathoninur15@gmail.comA91217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKharisudin, Kharisudinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Saja'; Manaqib; Syeh Abdul Qadir alJaelani.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Nur Fathoni
Date Deposited: 22 Aug 2021 23:16
Last Modified: 22 Aug 2021 23:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49774

Actions (login required)

View Item View Item