Hubungan antara dukungan sosial, academic satisfaction, dengan kecenderungan drop out pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Airlangga Wicaksono (2021) Hubungan antara dukungan sosial, academic satisfaction, dengan kecenderungan drop out pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Airlangga Wicaksono Abdullah_J01216003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial, academic satisfaction dengan kecenderungan drop out pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Alat pengumpulan data dalam peneliian ini menggunakan skala likert. Subjek didalam penelitian ini berjumlah 135 dari total populasi 4.467 mahasiswa dengan teknik menggunakan kuesioner (angket) dan random sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis berganda. Hasil dalam penelitian menunjukkan nilai F hitung = 7.431 dengan nilai signifikan 0,01 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan sosial dan academic satisfaction secara bersamaan berkorelasi dengan kecenderungan drop out pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Besar korelasi didapat dari nilai R Square yaitu 0,105 atau sebesar 10,5%. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima, artinya semakin tinggi dukungan sosial dan academic satisfaction yang dimiliki, maka semakin rendah kecenderungan drop out yang dimiliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Airlangga Wicaksonobsaibara@gmail.comJ01216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id197502052003121002
Subjects: Psikologi Belajar
Psikologi Sosial
Keywords: Dukungan Sosial; Academic Satisfaction; Kecenderungan Drop Out.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Airlangga Abdullah
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:18
Last Modified: 02 Sep 2021 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49942

Actions (login required)

View Item View Item