Kekuasaan dan pengetahuan dalam legalitas produk halal prespektif Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Lucky Damara (2021) Kekuasaan dan pengetahuan dalam legalitas produk halal prespektif Michel Foucault. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lucky Damara Yusuf_F02118038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang berusaha mengkaji kekuasaan dan pengetahuan dilihat dalam pandangan legalitas produk halal dan sebuah legalitas badan hukum yang membentuk suatu program masalah kehalalan. Penelitian ini dilatar belakangi fenomena-fenomena sosial yang terjadi di negara mayoritas Muslim, kerena dengan adanya sebuah legalitas tersebut menjadikan masyarakat sosial membentuk suatu relasi akan hubungan dan strukturalis dalam menghukumi sebuah produk halal. Terdapat dua rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian yaitu bagaimana memahami legalitas produk halal dan bagaimana legalitas produk halal kekuasaan dan pengetahuan dalam Prespektif Michel Foucault. Jenis Penelitian adalah kualitatif yang memiliki fokus pada studi tokoh. Dalam pendekatannya penulis mengunakan sebuah teori yaitu power of knowledge yang dipelopori oleh Michel Foucault. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitannya adalah library research dan analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penulis menunjukkan sebuah relasi pengetahuan dan kekuasaan secara eksplisit kekuasaan mesti dipahami sebagai bentuk relasi kekuatan yang imanen dalam ruang dimana kekuasaan itu beroperasi. Kekuasaan mesti dipahami sebagai sesuatu yang menghubungkan pengetahuan melalui relasi kekuatan yang membentuk rantai atau sistem. Penulis mencoba mencari hubungan relasi pengetahuan dan kekuasaan sehingga membentuk suatu relasi strukturalis, oleh karenanya kekuasaan dan pengetahuan merupakan strategi dimana ada sebuah relasi kekuatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Lucky Damaraluckydamara95@gmail.comF02118038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Thesis advisorBiyanto, Biyantomrbiyanto@gmail.com2010107204
Subjects: Filsafat
Kebijakan Publik
Bisnis
Keywords: Kekuasaan dan Pengetahuan; Legalitas Halal; Michel Foucault.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: lucky yusuf
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:43
Last Modified: 28 Aug 2021 12:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49973

Actions (login required)

View Item View Item