تطوير مواد تعليم اللغة العربية على أساس برنامج أدوبي فلاس في الصف العاشر بمدرسة مسلمات نهضة العلماء الثانوية ثنائية اللغة سيدوهارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Windasari, Ririn (2021) تطوير مواد تعليم اللغة العربية على أساس برنامج أدوبي فلاس في الصف العاشر بمدرسة مسلمات نهضة العلماء الثانوية ثنائية اللغة سيدوهارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Windasari_F12618277.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan tujuan pembelajaran bahasa Arab yang berorientasi pada pemanfaatan media pembelajaran yang tersedia di sekolah dengan mengembangkan bahan materi ajar dalam bentuk format aplikasi digital dalam program Adobe Flash. Penggunaan aplikasi ini dipilih karena formatnya yang sederhana dan mudah dioperasikan untuk sebuah materi ajar yang sederhana bagi siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah kombinasi antara penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, atau disebut juga mixed-methods. Metode ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana langkah untuk mengembangkan materi ajar berbasis aplikasi Adobe Flash, serta efektifitas penggunaanya dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo.Hasil yang diperoleh dari proses penelitian pengembangan ini diketahui bahwasanya materi ajar bahasa Arab berbasis aplikasi Adobe Flash efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan kuantitatif menggunakan uji-t, yang menghasilkan t-hitung nilai dari 23 siswa sebesar 6,97; yang lebih kecil dari t-tabel 1,69.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Windasari, Ririnwindasari.ririn14@gmail.comF12618277
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Materi ajar; Aplikasi adobe flash; Bahasa arab.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Windasari Ririn
Date Deposited: 26 Oct 2021 23:14
Last Modified: 29 Oct 2021 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50716

Actions (login required)

View Item View Item