تحليل ملاءمة المحتوى في كتاب دروس اللغة العربية الجزء الثاني لإمام زركشي وإمام شباني لطلاب الصف التاسع بمدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان توبان عند نظرية رشدي أحمد طعيمة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naqo, Rifatun (2022) تحليل ملاءمة المحتوى في كتاب دروس اللغة العربية الجزء الثاني لإمام زركشي وإمام شباني لطلاب الصف التاسع بمدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان توبان عند نظرية رشدي أحمد طعيمة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifatun Naqo_ D92217071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian tentang buku ajar berbahasa Arab dianggap penting karena berkaitan dengan isi (content) materi yang ada didalamnya. Buku ajar Kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubbani yang dipakai pembelajaran peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Assalam Bangilan Tuban, yang penulis jadikan objek kajian dalam skripsi ini. Sedankgan teori Rusydi Ahmad Thuaimah adalah teori yang penulis gunakan untuk menganalisis materi yang terdapat pada Kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubbani. Kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubbani terdiri dari 14 bab yang mencakup tentang kegiatan sehari-hari yang terdapat wacana, contoh-contoh, kaidah-kaidah kebahasaan dan soal-soal sehinggah memudahkan para pembelajar dalam mempelajari, memahami dan mempraktikkan bahasa arab dalam percakapan sehari-hari. Metode yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Adapun proses pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Data diketahui dengan cara menganalisis isi materi Kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubbani dengan menyesuaikan kriteria teori Rusydi ahmad tuaimah. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa materi yang terdapat dalam kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 sebagian besar sesuai dengan teori Rusydi Ahmad Thuaimah. Hal ini ditunjukkan pada aspek seleksi telah memenuhi kriterianya, diantaranya adalah kesesuaian identitas buku, output buku, karakteristik buku, keterampilan bahasa, latihan-latihan, susunan nahwu, dll. Adapun aspek yang belum terpenuhi dalam kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 seperti: soal evaluasi, gambar, dan buku pegangan guru. Meskipun demikian kitab Durusul Lughoh Al ‘Arabiyyah juz 2 layak menjadi bahan ajar dalam mempelajari bahasa arab terlepas dari kekurangan bahan ajar tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naqo, Rifatunrifatunnaqo22@gmail.comD92217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Analisis Kelayakan Isi; Kitab Durusul Lighoh Al Arabiyyah Juz 2.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rifatun Naqo
Date Deposited: 18 Feb 2022 13:10
Last Modified: 18 Feb 2022 13:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52156

Actions (login required)

View Item View Item