الصراع الاجتماعي في فيلم كفرناحوم (دراسة أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Hidayati Nurul (2022) الصراع الاجتماعي في فيلم كفرناحوم (دراسة أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayati Nurul Hasanah_A91218090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Film Capernaum adalah film bergenre drama menggunakan bahasa Arab dan Amhar yang disutradarai Nadine Labaki dengan durasi 126 menit dan dirilis pada 20 September 2018 di Lebanon. Kisah film bermula saat seorang bocah Lebanon berumur sekitar 12 tahun, Zain (Zain Al Rafeea), berada di ruang sidang. Zain, dengan ditemani seorang pengacara, menuntut orang tuanya atas kejahatan karena dia dilahirkan. Sorot matanya menunjukkan segala penderitaan yang telah dia lalui akibat keegoisan orang tuanya. Penulis memilih film ini karena mencerminkan keadaan konflik sosial yang juga terjadi dan dialami dikehidupan nyata. banyak anak-anak yang masih hidup jauh dari kata layak. Jauh dari yang namanya pendidikan, bahkan jauh dari sebuah keluarga yang harmonis. Mereka kerap menjadi survivor dalam kerasnya kehidupan jalanan. Dilihat dari realitas bahwa usia mereka belum layak untuk mendapatkan hal-hal tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konflik sosial yang terjadi dalam film Capernaum yang disutradarai oleh Nadine Labaki menggunakan pendekatan teori sosiologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film Capernaum. Objek penelitian ini adalah konflik sosial tokoh yang meliputi wujud konflik sosial, penyebab konflik sosial dan penyelesaian konflik sosial. Data yang ada, peneliti dapatkan dari observasi berupa menonton film Capernaum, dokumentasi berupa buku-buku, catatan, jurnal, dan juga wawancara sutradara Nadine Labaki dalam berbagai artikel berita maupun video di internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Hidayati Nurulhidayatinurulhasanahana4996@gmail.comA91218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Sosiologi
Sastra
Keywords: Sastra; Sosiologi Sastra; Konflik Sosial.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hidayati Nurul Hasanah
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:22
Last Modified: 01 Mar 2022 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52271

Actions (login required)

View Item View Item