Strategi keberlanjutan bisnis sedekah produktif Arrahmahmart di Masjid Ar-Rahmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiza, Siti Nur (2021) Strategi keberlanjutan bisnis sedekah produktif Arrahmahmart di Masjid Ar-Rahmah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Faiza_F52419146.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, menguji validasi data menggunakan trianggulasi sumber, yaitu mengkomparasikan hasil wawancara dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap, yaitu penyederhanaan data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Arrahmahmart berasal dari pengelolaan sedekah produktif yang diperuntukkan untuk masjid dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan hingga menciptakan dampak sosial berupa loyalitas dan ikatan emosional antar jamaah, menciptakan ketenangan dan kemudahan, menguatkan ukhuwah antar jamaah dan meningkatkan spiritual para pekerja dan dampak ekonomi berupa kemandirian masjid dan membuka lapangan pekerjaan; Kedua, sebelas balok Business Model Canvas social enterprise memberikan gambaran jelas aktifitas bisnis Arrahmahmart sehingga memudahkan pengusaha mengembangkan bisnisnya; Ketiga, strategi keberlanjutan Arrahmahmart fokus pada keberlanjutan organisasi melalui perekrutan remas masjid, jamaah, masyarakat dan general manajer. Dan fokus pada keberlanjutan finansial melalui keberlanjutan usaha yang didukung oleh loyalitas antar unit yayasan Ibadurrahman, sembilan agen, perusahaan dan investasi laba pada usaha semi cafe dan program taquba untuk memberdayakan masyarakat duafa di desa. Berdasarkan hasil analisis SWOT Arrahmahmart berada pada kuadran I yaitu growth yang memprioritaskan Strategi SO.Dari hasil penelitian diatas, peneliti memberikan saran kepada pihak Arrahmahmart untuk menetapkan visi misi tertulis di mart, membagi persentase laba antara operasional mart dan sosial, meningkatkan pemberdayaan pengusaha kecil, duafa dan janda dan dapat bekerjasama dengan baitul maal Arrahmah untuk program penggalangan dana sedekah produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiza, Siti Nurf52419146@student.uinsby.ac.idF52419146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziah, Ika Yunia--DLPS13
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sedekah produktif; bisnis ritel; kewirausahaan sosial; Strategi Keberlanjutan.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nur Faiza
Date Deposited: 04 Mar 2022 06:44
Last Modified: 04 Mar 2022 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52325

Actions (login required)

View Item View Item