This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Indarawati, Komariyah (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SEKOLAH DASAR AL-AHMADI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Alasan penulis memilih judul tersebut adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesanten di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya yang telah menjadi satu fenomena dalam dunia pendidikan sehingga diusia pendiriannya yang masih baru dapat menarik animo masyarakat untuk memaskkan putra-putrinya bersekolah di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya.
Dasar penelitian dalam skripsi ini terdiri dari tiga rumusan masalah yaitu konsep kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren, implementasi serta kendala dan pendukung dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu kegiatan penelitian yang bersifat menggambarkan atau mendeskriptifkan suatu kejadian atau peristiwa, kejadian atau peristiwa disini adalah gambaran tentang implementasi kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren di Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya. Sumber data dari skripsi ini terdiri dari pertama, sumber kepustakaan yaitu buku-buku yang digunakan sebagai landasan teori diantaranya tentang kurikulum pendidikan agama Islam dan kurikulum pendidikan Islam di Pesantren. kedua, sumber lapangan yaitu Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya dengan key informan kepala sekolah ibu Mirnawati Ladongga, M.Pd dan Bpk. Asharis,M.Ag selaku guru bidang kurikulum serta para guru pengajar dan siswa. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenasi. Setelah data diperoleh, penulis menganalisa dengan teknik reduksi data, sajian data (display) dan verifikasi atau simpulan, selain itu guna mengecek keabsahan data yang diperoleh, penulis mengadakan rencana uji kevaliditana data dengan menggunakan teknik triangulasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Al-Ahmadi Surabaya telah menerapkan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren, hal ini dapat dilihat dari bentuk konsep, implementasi serta kendala dan pendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis pesantren yang oleh penulis paparkan di Bab III pada penyajian data.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Lilik Channa AW. | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Keywords: | Kurikulum Berbasis Pesantren | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 05 Feb 2015 08:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5236 |
Actions (login required)
View Item |