Program pahlawan ekonomi dalam pengentasan kemiskinan di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya perspektif ekonomi islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiyawati, Yuliana (2021) Program pahlawan ekonomi dalam pengentasan kemiskinan di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya perspektif ekonomi islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuliana Setiyawati_G94216142.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada program Pahlawan Ekonomi tedapat empat akses yaitu akses pemodalan; akses pelatihan; akses pemasaran; dan akses peningkatan produk. Tingkat kemiskinan anggota Pahlawan Ekonomi pada indikator Jiwa (al-Nafs) kurang baik karena menunjukkan kondisi kesehatan 9 orang atau 30% memiliki riwayat penyakit dan kondisi perumahan 6 orang atau sebesar 20% belum memiliki rumah sendiri. Sedangkan indikator Akal (al-aql), dan Harta (al-Mal) menunjukkan hasil yang cukup baik. Pengentasan kemiskinan dalam program Pahlawan Ekonomi pada pelaksanaanya sudah menerapkan konsep pengentasan kemiskinan prespektif ekonomi islam yaitu Pemerintah sebagai pelaku pengentasan kemiskinan; Masyarakat sebagai pelaku pengentasan kemiskinan; dan individu sebagai pelaku pengentasan kemiskinan.Berdasarkan hasil penelitian diatas, saran peneliti untuk Pemerintah Kota Surabaya pada program Pahlawan Ekonomi penetapan sasaran penerima program hendaknya memiliki batasan usia tertentu agar anggota yang bergabung masih dalam usia produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiyawati, Yulianayulianasetiyawati1707@gmail.comG94216142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Kemiskinan
Pemberdayaan
Keywords: Pahlawan Ekonomi; Pengentasan Kemiskinan Prespktif Islam; Kecamatan Kenjeran.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuliana Setiyawati
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:22
Last Modified: 17 Mar 2022 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52493

Actions (login required)

View Item View Item