حروف الجر ومعانيها في كتاب لباب الحديث للشيخ إمام جلال الدين بن كمال الدين السيوطي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humaidah, Ulil Irzaqotul (2022) حروف الجر ومعانيها في كتاب لباب الحديث للشيخ إمام جلال الدين بن كمال الدين السيوطي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulil Irzaqotul Humaidah_A01218026.pdf

Download (903kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

(Huruf Jer Dan Makna-Maknanya Dalam Kitab Lubab Al-Hadist Oleh Syekh Imam Jalal Ad-Din bin kamaluddin As-Suyuthi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam huruf jer beserta makna-maknnya dalam kitab Lubab Al-Hadist karangan syekh Jalal ad-din As-Suyuthi yang memuat tentang hadist-hadist diantaranya yaitu keutamaan mencari ilmu dan ulama, keutamaan lafadz La Ilaha Illa allah, keutamaan Bismillah ar-rahman ar-rahim, dan lain-lain. Dalam kitab ini terbagi menjadi 40 bab, dengan ini peneliti ingin menemukan huruf jer dan makna-maknanya agar mudah memahami beberapa hadist dalam kitab Lubab Al-Hadist dengan baik dan jelas. Akan tetapi, di dalam penelitian ini terdapat kesulitan atau permasalahan dalam menemukan sumber penelitian yang tepat karena pembagian huruf jer berbeda-beda dan penelitian ini hanya meneliti 8 huruf jer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif – kualitatif, Adapun sumber datanya secara Pustaka (Library Reseach Method) melalui sampel kitab, jurnal dan website tentang huruf jer dan makna-maknanya. Berdasarkan temuan yang didapatkan oleh peneliti,peneliti menemukan total keseluruhan 78 data yaitu terdapat 15 kata yang menunjukkan huruf jer min, 11 kata yang menunjukkan huruf jer ‘Ila, 5 kata yang menunjukkan huruf jer ‘An, 12 kata yang menunjukkan huruf jer ‘Alaa, 11 kata yang menunjukkan huruf jer Fii, 9 kata yang menunjukkan huruf jer Ba’, 8 kata yang menunjukkan huruf jer Kaf, dan 7 kata yang menunjukkan huruf jer Lam. Dan beberapa huruf jer mempunyai makna-makna seperti huruf Min memiliki makan Ibtida’ Al-ghoyah, al-bayan dan tab’in, huruf ‘Ila memiliki makna Intiha’ al-qhoyah dan Zaidah, huruf ‘An memiliki makna Mujawazah, zaidah, Makna Min Ibtida’ al-ghoyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humaidah, Ulil Irzaqotululilirzaqotul@gmail.comA01218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Huruf jer; Makna-makna; lubab Al-Hadist; Syekh Jalal As-suyuthi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ulil Irzaqotul Humaidah
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:04
Last Modified: 25 Apr 2022 01:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52995

Actions (login required)

View Item View Item