العناصر الداخلية في قصة يوم الوحي في كتاب عشرة أيام في حياة الرسول لخالد محمد خالد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrohah, Siti (2022) العناصر الداخلية في قصة يوم الوحي في كتاب عشرة أيام في حياة الرسول لخالد محمد خالد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mufarrohah_A71218077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang unsur intrinsik dalam kisah Turunnya Wahyu dalam kitab ‘Asyrotu Ayyam fii Hayaati ar-Rasuul karya Khalid Muhammad Khalid. Kisah ini merupakan salah satu kisah yang didalamnya mengandung berbagai rahasia yang agung dan akan mempertemukan kita dengan keluhuran serta keagungan dari kepribadian Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu kisah ini sangat menarik untuk dikupas dalam tinjauan sastra. Peneliti mengambil dua rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana unsur instrinsik dalam kisah Turunnya Wahyu, 2. Apa manfaat yang dapat diambil dari kisah Turunnya Wahyu. Untuk mememcahkan rumusan masalah diatas peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan tema dari kisah Turunnya Wahyu adalah tanda-tanda kenabian. Tokoh dalam kisah ini adalah Nabi Muhammad SAW, Malaikat Jibril, penduduk kota Makkah, Siti Khadijah, Siti Halimah, wanita Bani Sa’ad, dan pendeta Buhaira. Adapun alur yang dipakai dalam kisah ini adalah alur maju, sementara itu amanat yang dapat dipetik dari kisah ini adalah ketika Allah memilihnya untuk menjadi penutup para Nabi dan Rasul, secara alamiah, seluruh kehidupannya akan menjadi pedoman dan dalil untuk generasi berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrohah, Sitimufarrohahs251@gmail.comA71218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKharisuddin, Kharisuddinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Adab
Keywords: Unsur Intrinsik; kisah turunnya wahyu; Khalid Muhammad Khalid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Mufarrohah
Date Deposited: 25 Apr 2022 13:39
Last Modified: 25 Apr 2022 13:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53052

Actions (login required)

View Item View Item