Sejarah pemikiran Abdul Rahman Baswedan tentang Nasionalisme Tahun 1908 – 1986

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulandari, Teri (2020) Sejarah pemikiran Abdul Rahman Baswedan tentang Nasionalisme Tahun 1908 – 1986. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Teri Yulandari_A92216156.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan empat tahapan yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan historis untuk mengkaji, mengungkapkan biografi, karyanya, serta corak perkembangan pemikirannya menurut kacamata sejarah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori nasionalisme karena mengkaji sebuah pemikiran nasionalisme seorang tokoh.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : Pertama, Abdul Rahman Baswedan adalah seorang bapak bangsa yang turut berjuang merintis kemerdekaan Indonesia. Beliau lahir di Surabaya pada 11 September 1908. Kedua, pemikiran Abdul Rahman Baswedan mengenai nasionalisme yaitu dimana suatu individu itu lahir, besar, mati, dan dikubur di negara itu maka negara itulah sebagai tanah airnya. Ketiga, pemikiran nasionalisme Abdul Rahman Baswedan mampu mempengaruhi peranakan Arab sehingga lahirlah PAI sebagai wadah peranakan Arab dalam berjuang meraih kemerdekaan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulandari, Teriyulandariterry98@gmail.comA92216156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Pemikiran
Sejarah
Keywords: Abdul Rahman Baswedan; nasionalisme; partai arab Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yulandari Teri
Date Deposited: 24 Apr 2022 12:32
Last Modified: 24 Apr 2022 12:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53055

Actions (login required)

View Item View Item