فعالية نموذج التعلم ما وراء المعرفي بناء على المشكلات المفتوحة باستخدام الملصقات لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridhani, Muhammad (2022) فعالية نموذج التعلم ما وراء المعرفي بناء على المشكلات المفتوحة باستخدام الملصقات لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ridhani_D92216042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model dan media pembelajaran merupakan dua komponen penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru-guru membutuhkan model dan media pembelajaran untuk menyampaikan pelajaran dengan efisien dan efektif. Tujuan utama penggunaan model dan media pembelajaran adalah untuk memperbaiki dan memudahkan mencapai hasil belajar siswa. Di era globalisasi saat ini, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih maju karenanya didukung oleh berbagai macam model pembelajaran. Karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dan media poster dalam pembelajaran Bahasa Arab guna meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dengan media poster untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri kota Suarabaya. (3) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dengan media poster untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri kota Suarabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Sampel penelitian ini berjumlah 38 siswa. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran metakognitif berbasis masalah terbuka dengan media poster efektif untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri kota Suarabaya. Hasil t0 > ttabel│2,431 < 6,2 > 1,687. Maka H0 ditolah dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridhani, Muhammadmuhammadridhani16@gmail.comD92216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id; umihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pengajaran
Keywords: model pembelajaran; metakognitif berbasis masalah terbuka; media pembelajaran; poster
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Ridhani
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:41
Last Modified: 05 Jul 2022 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53764

Actions (login required)

View Item View Item