Sejarah dan Arsitektur Asrama dan Masjid Pondok Pesantren Kapu Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Mawaddatun (2022) Sejarah dan Arsitektur Asrama dan Masjid Pondok Pesantren Kapu Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawaddatun Ni'mah_A92218107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan pada skripsi ini menggunakan pendekatan historis serta menggunakan teori difusi budaya dari Robert Fritz Graebner dan teori akulturasi dari J. Powel yang mengatakan bahwa akulturasi merupakan masuknya nilai-nilai budaya asing kedalam budaya lokal atau tradisional, atau dengan kata lain bertemunya kebudayaan ading dengan kebudayaan lokal. Pendekatan historis digunakan untuk melihat bagaimana sejarah berdirinya Pondok dan Masjid Pondok Pesantren Kapu. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi.Dari proses penelitian didapatkan kesimpulan bahwa, (1) Pondok Pesantren Kapu Kediri didirikan oleh KH. Hasan Muchyi bertepatan dengan dibangunnya rel kereta api Kertosono-Kediri dan baru terdapat administrasi pada tahun 1967, yang mana tahun tersebut digunakan sebagai tahun berdirinya Pondok Pesantren Kapu pada surat keputusan pondok pesantren. (2) Tahun berdirinya Masjid dengan tahun berdirinya Pondok Pesantren Kapu sama, yang mana bentuk awal masjid adalah mushala panggung yang terbuat dari bambu atau gedek. Masjid Pondok Pesantren Kapu mengalami renovasi berbesaran dilakukan oleh KH. Hasyim Asy’ari. (3) Arsitektur yang terdapat di Pondok Pesantren Kapu, dilihat dari bangunan-bangunan yang ada merupakan akulturasi dari budaya Jawa dan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Mawaddatunnnikmah245@gmail.comA92218107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah
Keywords: Sejarah; arsitektur masjid; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mawaddatun Ni'mah
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:12
Last Modified: 08 Jul 2022 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53824

Actions (login required)

View Item View Item