Podcast dakwah dalam radio suara Muslim Surabaya 93,8 FM: kajian proses produksi, format dan kemasan siaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Megananda, Nadira (2022) Podcast dakwah dalam radio suara Muslim Surabaya 93,8 FM: kajian proses produksi, format dan kemasan siaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadira Megananda_B91218124.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dakwah digital adalah tren baru yang saat ini menjadi tuntutan di tengah maraknya perkembangan teknologi informasi. Saat ini banyak dakwah yang dilakukan melalui berbagai platform media sosial. Podcast menjadi pilihan khususnya untuk generasi milenial, podcast banyak diminati karena sifatnya fleksibel dan mudah diakses di berbagai macam platform. Radio Suara Muslim sebagai media dakwah turut hadir dengan konten audio dakwah podcast. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana proses produksi, format dan kemasan podcast dakwah dalam Radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui proses produksi, format dan kemasan podcast dakwah dalam Radio Suara Muslim Surabaya 93,8 FM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumnetasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast Suara Muslim menyajikan dalam bentuk audio dengan format MP3, diunggah melalui anchor.fm lalu terdistribusikan ke Spotify dan google podcast. Podcast Suara Muslim sebagai podcast dakwah memiliki gaya tersendiri dalam siarannya, pembahasan tema bervariasi. Ada pembahasan mengenai hukum fiqh, keluarga, kisah inspiratif, kadang juga membahas isu yang sedang ramai diperbincangkan. Semua pembahasannya dibawakan dalam koridor islami. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengkaji terikait dengan manajemen dan strategi dalam siaran podcast Suara Muslim ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Megananda, Nadiranadirananda01@gmail.comB91218124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Sosial
Keywords: Podcast; Dakwah; new media; radio; Suara Muslim Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadira Megananda
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:23
Last Modified: 11 Jul 2022 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53835

Actions (login required)

View Item View Item