PENGARUH TERAPI ISLAM MELALUI HIPNOTANATOLOGI UNTUK MENANAMKAN KEJUJURAN PELAJAR DI SMP AMONG SISWA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahara, Regina (2016) PENGARUH TERAPI ISLAM MELALUI HIPNOTANATOLOGI UNTUK MENANAMKAN KEJUJURAN PELAJAR DI SMP AMONG SISWA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terfokus kepada penanaman kejujuran yang dilakukan dengan menggunakan terapi Islam melalui Hipnotanatologi yang dilatarbelakangi oleh fenomena kejujuran pelajar yang kian meredup. Banyak terjadi kecurangan pelajar seperti mencontek, plagiasi, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut dibiarkan, maka akan membuat masyarakat menjadi tidak aman dan tenteram. Sebab pentingnya kejujuran bagi generasi penerus bangsa, maka penulis melakukan uji ekperimen untuk penanaman kejujuran pelajar. Penanaman kejujuran ini dilihat dari penyadaran pelajar setelah terapi ini dipraktekkan pada diri pelajar. Penanaman kejujuran dengan terapi ini mempunyai langkah-langkah yaitu dimulai dari pretalk, induction, deepning and trance level test, sugestion, dan termination.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa hasil angket dan uji eksperimen dengan perhitungan statistic correlation dengan rumus korelasi product moment yang dilakukan kepada 30 subjek di SMP Among Siswa Surabaya. Penerapan dari terapi ini dilaksanakan dengan training motivasi pelajar pada siswa-siswi kelas VII di SMP Among Siswa yang dipilih berdasarkan random sampling.
Hasil dari penelitian ini berupa paparan besarnya pengaruh Hipnotanatologi terhadap kejujuran pelajar di SMP Among Siswa yang didapatkan sebelum dan sesudah pelaksanaan terapi Hipnotanatologi. Berdasarkan uji korelasi dari 30 sampel yang ada, ditemukan angka korelasi yang signifikan terkait pengaruh terapi islam melalui hipnotanatologi terhadap kejujuran pelajar sebesar 0,623 dan ditemukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dan dengan melihat hasil uji t menunjukan bahwa korelasi 0,213> 0,000. Nilai korelasi lebih besar dari pada nilai sig, hal ini menunjukkan pengaruh Terapi Islam melalui Hipnotanatologi terhadap kejujuran pelajar di SMP Among Siswa Surabaya.
Kata Kunci: Terapi Islam, Hipnotanatologi, Kejujuran Pelajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahara, Reginapoe3regina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Hipnotanatologi; Terapi Islam;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Regina Zahara
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:11
Last Modified: 31 Mar 2016 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item