Pengendalian optimal sebagai upaya peningkatan produksi padi pada model matematika prey-predator

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafii, Hilmy Daffa Muhammad (2022) Pengendalian optimal sebagai upaya peningkatan produksi padi pada model matematika prey-predator. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilmy Daffa Muhammad Syafii_H02217007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Padi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Pada tahun 2019, ketahanan pangan, khususnya masalah beras, telah menjadi masalah utama bagi masyarakat Indonesia karena produksi beras Indonesia yang rendah dan jumlah penduduk yang besar. Salah satu penyebab turunnya produksi beras adalah adanya serangan hama. Pada penelitian ini, melakukan pengendalian optimal sebaran hama tanaman padi untuk menjaga ekosistem padi. Kontrol optimal penyebaran hama menggunakan model matematika prey-predator. Pada penelitian ini, melakukan kontrol jumlah hama yaitu penggerek batang, tikus, dan wereng menggunakan pestisida. Hasil penelitian menunjukkan pengurangan jumlah hama penggerek batang jika pada kondisi tanpa adanya kontrol u = 0 jumlahnya perkembangan mencapai 30,380 (jutaan ekor). Sedangkan saat kondisi u 6= 0 atau dengan kontrol, petumbuhan hama berkurang sebesar 4,570 juta ekor. Pada pengendalian hama tikus dengan adanya kontrol, jumlah perkembangan mencapai 8.749 juta ekor lebih sedikit daripada tanpa kontrol. Pada pengendalian hama wereng, selisih perbedaan jumlah hama antara tanpa kontrol dan dengan kontrol adalah 8,776.7 juta ekor. Hal ini menunjukkan pengendalian hama penggerek batang, tikus, dan wereng berfungsi optimal. Akibat adanya kontrol pada hama tanaman padi, jumlah produksi dapat meningkat hingga 495.5 jutaan rumpun lebih banyak daripada tanpa kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafii, Hilmy Daffa Muhammadhilmydaffa210199@gmail.comH02217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Matematika
Keywords: Padi; Kontrol Optimal; Prey-Predator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Hilmy Daffa Muhammd Syafii
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:30
Last Modified: 13 Oct 2022 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54596

Actions (login required)

View Item View Item