Problematika pembelajaran daring pada pembelajaran tematik Kelas IV SDN 3 Jatiprahu Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuha, Annisa Istami'lima (2022) Problematika pembelajaran daring pada pembelajaran tematik Kelas IV SDN 3 Jatiprahu Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Istami'lima Yuha_D97217085 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidaksiapan sekolah, peserta didik serta wali murid dalam mengikuti sistem pembelajaran daring selama pandemi . Sehingga terdapat beberapa problem yang menyebabkan proses pembelajaran daring terhambat. Oleh sebab itu, upaya guru dalam mengatasi problem pembelajaran daring sangat dibutuhkan agar materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apa saja problematika pembelajaran daring pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 3 Jatiprahu Trenggalek? (2) bagaimana upaya guru dalam mengatasi problem pembelajaran daring pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 3 Jatiprahu Trenggalek? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, pesera didik dan wali murid. Adapun dengan tahapan penelitian yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa (1) problem pembelajaran daring pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 3 Jatiprahu Trenggalek dikarenakan jaringan internet yang kurang baik serta sarana pembelajaran daring yang kurang memadai, keterbatasan waktu wali murid dalam mendampingi anak belajar dan keterbatasan wali murid dalam ilmu pengetahuan. (2) upaya guru dalam mengatasi problem pembelajaran daring tersebut dengan cara memberikan kelonggaran waktu dalam pengumpulan tugas, memberikan video dan kuis, memberikan bimbingan secara langsung, memanfaatkan internet serta mencari guru privat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuha, Annisa Istami'limaannisaistamilimayuha@gmail.comD97217085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pembelajaran daring; problematika; pandemi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Istami'lima yuha
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:30
Last Modified: 09 Sep 2022 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54815

Actions (login required)

View Item View Item