تحليل الأخطاء الصوتية في نطق الحروف العربية عند قراءة سورة الكهف لدى طلاب معهد العليا الإسلامى بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سومنب - Analisis kesalahan fonologi dalam pelafalan huruf arab ketika pembacaan Surah Al-Kahfi oleh siswa Ma’had al-Ulya MAN Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Farhatul (2022) تحليل الأخطاء الصوتية في نطق الحروف العربية عند قراءة سورة الكهف لدى طلاب معهد العليا الإسلامى بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سومنب - Analisis kesalahan fonologi dalam pelafalan huruf arab ketika pembacaan Surah Al-Kahfi oleh siswa Ma’had al-Ulya MAN Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farhatul Ummah_A71218045.pdf

Download (765kB)

Abstract

Kesalahan dalam mempelajari bahasa asing terutama bahasa Arab sering terjadi di kalangan siswa dan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Salah satu contoh kesalahan yang sering terjadi yaitu pelafalan huruf Arab ketika membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti bertujuan melakukan penelitian untuk mengetahui bentuk dan sebab-sebab kesalahan fonologi dalam pelafalan huruf Arab ketika membaca Surah Al-Kahfi oleh siswa Ma’had Al-Ulya MAN Sumenep. Objek penelitian ini yaitu siswa-siswa Ma’had Al-Ulya MAN Sumenep dan sumber data penelitian ini yaitu hasil rekaman pembacaan Surah Al-Kahfi oleh siswa Ma’had Al-Ulya MAN Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan rekaman suara pembacaan Surah Al-Kahfi oleh siswa Ma’had Al-Ulya MAN Sumenep, kemudian data yang didapat dianalisis untuk mencari bentuk kesalahan yang terjadi dalam bacaan tersebut. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu bentuk kesalahan fonologi dalam pelafalan huruf Arab ketika pembacaan Surah Al-Kahfi oleh siswa Ma’had Al-Ulya MAN Sumenep adalah Ibdal (12 huruf(, At-Tasywih (1 huruf), Hadzfu (2 huruf) dan Ziyadah (2 huruf). Sebab-sebab terjadinya kesalahan dari penelitian ini yaitu pengaruh bahasa ibu, tidak menerapkan kaidah yang dipelajari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Farhatulufarhatul11@gmail.comA71218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Thesis advisorKhoiroh, Himmmatulhimmatulkhoiroh@gmail.com2022127601
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Kesalahan fonologi; pelafalan huruf arab; pembacaan Surah Al-Kahfi; siswa Ma’had al-Ulya MAN
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Farhatul Ummah
Date Deposited: 04 Oct 2022 05:23
Last Modified: 04 Oct 2022 05:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54997

Actions (login required)

View Item View Item