تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة كتاب تعليم المتعلم لدى طالبات المعهد الصمدية الاسلامية السلفية بورنيه بانكالان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjannah, Elina (2022) تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة كتاب تعليم المتعلم لدى طالبات المعهد الصمدية الاسلامية السلفية بورنيه بانكالان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elina Nurjannah_A71218044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu tahap untuk mencapai kepahaman dalam bahasa Arab yakni kemahiran membaca. Dimana di setiap lembaga pendidikan terutama pondok pesantren pasti diajarkan untuk mencapai kemahiran membaca dengan ilmu nahwu, shorof, dll. Di pondok pesantren Asshomadiyah burneh bangkalan juga diajarkan salah satunya ilmu nahwu. disamping itu pondok pesantren Asshomadiyah ini juga dikenal sebagai pondok penghafal Al-Qur’an.Disini peneliti ingin mengetahui tingkat kepahaman santri pondok pesantren Asshomadiyah terhadap ilmu nahwu yang dipelajari dengan cara menganalisis kesalahan nahwu ketika santri membaca kitab Ta’liim al-Muta’allim karya syaikh Zarnuji.Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pengujian, dan dokumentasi. Dalam menganalisis kesalahan, ditempuh beberapa tahap yakni menentukan kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, menafsirkan sebab terjadinya kesalahan, kemudian membenarkan kesalahan.Hasil penelitian dalam pembahasan ini menunjukkan: (1) Kesalahan nahwu dalam Fa’il ada 18 kesalahan, dalam mubtada’ dan khabar ada 16 kesalahan, dalam jar majrur ada 11 kesalahan. (2) Bentuk kesalahan dalam isim mufrad ada 43, pada jamak muannats salim ada 2. (3) terdapat 27 kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya praktek atau kurang dalam latihan menerapkan kaidah yang di pelajari, 8 kesalahan disebabkan menerapkan satu kaidah pada setiap ketentuan (over generalitation), dan 4 kesalahan disebabkan karena siswa memang tidak tahu mengenai kaidah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjannah, Elinaelinanurjannah@gmail.comA71218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyah--195408291979032001
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis Kesalahan; Nahwu; I’rab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Elina Nurjannah
Date Deposited: 22 Nov 2022 15:27
Last Modified: 22 Nov 2022 15:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55016

Actions (login required)

View Item View Item