الأوزان العروضية وتغييراته في قصيدتي زهير ابن أبي سلمى

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'udah, Ismah Bariatul (2022) الأوزان العروضية وتغييراته في قصيدتي زهير ابن أبي سلمى. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismah Bariatul Mas'udah_A71218050 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Arudl dan Qawafi merupakan salah satu cabang ilmu kesusastraan Arab dan pengertian ilmu arud adalah ilmu yang membahas pola - pola syi'ir Arab untuk mengetahui wazan yang benar dan yang salah serta perubahan - perubahan yang terjadi pada wazan syi'ir Arab. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Apa wazan arudl yang terdapat dalam Syiir karya Zuhair bin Abi Sulma? (2) Bagaimana perubahan wazan arudl yang terdapat dalam Syiir karya Zuhair bin Abi Sulma? Adapun tujuan pembahasan ini yaitu untuk mengetahui wazan arudl dalam Syiir karya Zuhair bin Abi Sulma serta macam-macam perubahan yang terdapat pada syiir karya Zuhair bin Abi Sulma (Mu’allaqat Zuhair bin Abi Sulma dan syiir تعلم ان شر الناس حي). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu analisis sastra, yakni dengan menguraikan bentuk susunan irama (wazan) dalam syiir karya Zuhair bin Abi Sulma dan perubahan - perubahannya yang terjadi berupa zihaf (kecepatan irama) dan illat (kecacatan irama) Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Syiir karya Zuhair bin Abi Sulma menggunakan Bahr Thawil yang memiliki wazan فعولن مفاعيلن فعولن مفاعلين pada syiir mu’allaqat zuhair bin abi sulma dan menggunakan Bahr Wafir yang memiliki wazan مفاعلتن مفاعلتن فعولن pada syiir "تعلم ان شر الناس حي". (2) Perubahan wazan arudl yang terdapat dalam syiir Zuhair bin Abi Sulma yaitu: a) Zihaf Mufrad Al-Qabdl yaitu membuang huruf kelima yang bersukun perubahan ini terjadi pada mu’allaqat zuhair bait 1, 2, 4, 5, 6, 8 – 17, 21 – 24, 26 – 30. b) Zihaf yang berlaku pada kedudukan ‘illat Al-Qabdl yaitu membuang huruf kelima yang bersukun dan perubahan ini terjadi pada taf'ilah dalam arudi dan dharab , perubahan ini terjadi pada mu’allaqat zuhair dari bait awal hingga akhir. c) Zihaf Mufrad Al-‘Ashab yaitu mematikan huruf kelima yang hidup, perubahan ini terjadi pada syiir تعلم ان شر الناس حي bait 1, 2, 4 – 8. d) Zihaf Mufrad al-Kuf yaitu membuang huruf ketujuh yang bersukun, perubahan ini terjadi pada syiir تعلم ان شر الناس حي bait 1 dan 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'udah, Ismah Bariatulbariatulismah@gmail.comA71218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Wazan arudl; perubahan wazan arudl; Qasidah Zuhair
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ismah Bariatul Mas'udah
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:17
Last Modified: 13 Sep 2022 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55052

Actions (login required)

View Item View Item