المحسنات المعنوية واللفظية في شعر ابن المعتز: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosid, Muhammad Ali (2022) المحسنات المعنوية واللفظية في شعر ابن المعتز: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ali Rosid_A71215079 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sastra merupakan ungkapan beretorika yang dicipta dengan tujuan mempengaruhi perasaan dan jiwa pembaca dan pendengarnya. Setiap karya sastra pasti memiliki keistimewaan atau keindahan tersendiri, baik dari segi lafaz nya ataupun maknanya, diantaranya puisi. Dalam kacamata ilmu retorika (balaghah), keindahan tersebut disebut dengan istilah Muhassinat. Ibnu Al-Mu’taz merupakan salah seorang khalifah dizaman daulah abbasiyah. selain sebagai seorang khalifah ia juga dikenal seorang sastrawan yang memiliki banyak puisi, selain itu ia merupakan penggagas ilmu badi’ yang isinya membahas tentang keindahan lafaz dan makna. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keindahan lafaz dan makna dalam puisi-puisi Ibnu Al-Mu’taz. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam sebagian puisi Ibnu Al-Mu’taz terdapat keindahan lafaz berupa sajak. Keindahan makna berupa tajrid, tauriyah, tibaq, dan mura’at an-nadhir. Peneliti menemukan 20 data yang mengandung sajak, 1 data yang mengandung tajrid, 5 data yang mengandung tauriyah, 4 data yang mengandung tibaq, dan 1 data yang mengandung mura’at an-nadhir

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosid, Muhammad Alimuhammadrosidali@gmail.comA71215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalinev@gmail.com2006067901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Keindahan; lafaz; makna; ibnu al mutaz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: rosid ali
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:15
Last Modified: 21 Sep 2022 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55798

Actions (login required)

View Item View Item